Samad: Kandidat Jaksa Agung harus Dilaporkan ke KPK

Samad: Kandidat Jaksa Agung harus Dilaporkan ke KPK
Samad: Kandidat Jaksa Agung harus Dilaporkan ke KPK

jpnn.com - JAKARTA - Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Abraham Samad memberikan masukan kepada Presiden Joko Widodo terkait kriteria orang yang tepat untuk mengisi jabatan Jaksa Agung. Menurutnya, seorang orang nomor satu di jajaran Korps Adhyaksa harus benar-benar bersih dan bisa menjadi tauladan.

"Sama aja kayak menteri, harus orang yang bersih. Semua pejabat publik idealnya harus orang yang bersih, orang yang enggak punya masalah karena dia menjadi tauladan," kata Abraham di KPK, Jakarta, Senin (27/10).

Begitu disinggung apakah Jaksa Agung harus berasal dari internal atau eksternal, Abraham enggan mengomentarinya. "No comment kalau itu," ujarnya.

Lebih lanjut Abraham menyatakan kandidat Jaksa Agung harus dilaporkan ke KPK untuk men-tracking pengalaman masa lalunya. Tak hanya Jaksa Agung, kandidat Kapolri juga dikonfirmasi ke KPK.

"Jangankan Kapolri. Waktu jaman SBY (Susilo Bambang Yudhoyono) pengisian kabareskrim pun dikonfirmasi ke KPK. Jaman SBY, posisi jabatan bintang tiga di Kepolisian itu diminta tracking oleh KPK," ucap Abraham.

Wakil Ketua KPK Zulkarnain menambahkan Jaksa Agung harus memiliki integritas dan kemampuan bertugas yang bagus. "Cepat menguasai permasalahan-permasalahan yang ada dari pusat hingga daerah," tandasnya. (gil/jpnn)


JAKARTA - Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Abraham Samad memberikan masukan kepada Presiden Joko Widodo terkait kriteria orang yang tepat


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News