Sambangi KSP, Irene Sebut Kemarahan Masyarakat Papua Akumulasi Kekecewaan

Sambangi KSP, Irene Sebut Kemarahan Masyarakat Papua Akumulasi Kekecewaan
Irene Manimbuay usai pertemuan di KSP, Kompleks Sekretariat Negara, Jakarta, Jumat (30/8). Foto: M Fathra/JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Bekas Wakil Gubernur Papua Barat Irene Manibuay menyambangi Kantor Staf Presiden di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Jumat (30/8). Kehadiran Irene bersama beberapa tokoh Papua dan Papua Barat diterima Tenaga Ahli Utama Kedeputian IV Kantor Staf Presiden Ali Mochtar Ngabalin.

Bersama Irene juga hadir Jamaluddin Iribaram, kepala pemerintahan suku besar di Teluk Bintuni dan sekjen pemerintahan adat sistem federal kabupaten Teluk Bintuni.

"Aspirasi yang disampaikan hari ini adalah, bagaimana kita merajut benang merah Papua dalam bingkai kesatuan, NKRI," kata Irene usai pertemuan.

BACA JUGA: Pernyataan Terbaru Ali Mochtar Ngabalin terkait Kasus Papua

Perempuan yang sebelumnya juga tergabung dalam Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi - Ma'ruf ini juga menyampaikan bahwa kemarahan masyarakat Papua merupakan akumulasi kekecewaan.

"Saya bilang beberapa akumulasi. Otsus tidak tercapai sebagaimana diundangkan dalam UU Otsus 21 tahun 2001, sehingga nanti akan berakhir 2021," jelas Irene.

Kemudian masalah pemekaran sejumlah wilayah di Papua dan Papua Barat yang menurutnya harus diprioritaskan pemerintah. Hal itu penting untuk memperpendek rentang kendali pemerintahan.

Selain itu, kata Irene, perlu ada kebijakan politik parpol lokal bagi orang Papua. "Sekarang kondisi yang terjadi, keterwakilan orang Papua semakin kecil dibanding masyarakat (;uar Papua). Ini akumulasi yang riak-riak membuat kekecewaan," ungkapnya.

Bekas Wakil Gubernur Papua Barat Irene Manibuay menyambangi Kantor Staf Presiden di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Jumat (30/8).

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News