Sambil Tersenyum, Anak Buah Santoso Minta Polisi Beli Ayam Goreng

Sambil Tersenyum, Anak Buah Santoso Minta Polisi Beli Ayam Goreng
Basri, anak buah santoso yang ditangkap Satgas Operasi Tinombala. Foto: JPG/Jawa Pos

PALU - Pasukan Satgas Operasi Tinombala  akhirnya bisa meringkus Basri alias Bagong, orang kedua kelompok bersenjata Santoso. Basri ditangkap tanpa perlawanan oleh pasukan di Poso Rabu pagi (14/9). Petugas juga mengamankan istri Basri, yakni Nurmi Usman alias Oma. Satu buron lain yang turut terlihat bersama Basri melarikan diri.

Basri dan istrinya ditangkap tidak lama setelah penemuan jenazah Andika Eka Putra, satu buron lainnya, mengapung di Sungai Puna, Desa Gantinadi, Poso Pesisir, Kabupaten Poso Andika diduga satu kelompok dengan Basri sebelum akhirnya terjatuh dari tebing dan tewas.

"Jadi, setelah jenazah Andika ditemukan, ada anggota yang melihat mereka (Basri) tidak jauh dari penemuan jenazah itu di atas gunung. Anggota langsung melakukan pengejaran," jelas Juru Bicara Satgas Operasi Tinombala AKBP Hari Suprapto.

Begitu tertangkap, Basri yang masuk urutan kedua daftar pencarian orang (DPO) anggota teroris Mujahidin Indonesia Ti­mur (MIT) pimpinan (almarhum) Santoso alias Abu Wardah langsung dibawa ke perkampungan warga.

Setelah diinterogasi dan diberi makan serta minum, Basri diberangkatkan ke Kota Palu. Dia tiba di Rumah Sakit (RS) Bha­yangkara Palu sekitar pukul 16.00 Wita dengan mobil yang beriringan dengan ambulans yang membawa jenazah Andika.

Dengan tangan terikat, Basri turun dari mobil dengan tak henti-henti menebar senyum. Dia kemudian dimasukkan ke ruang observasi RS Bhayangkara untuk pemeriksaan lebih lanjut. Istrinya datang ke RS Bhayangkara beberapa jam kemudian.

"Mereka kita periksa dahulu kesehatannya. Psikologisnya juga nanti kita periksa. Kita perlakukan mereka secara manusiawi," tambahnya.

Saat tiba di RS Bhayangkara, Basri yang dikawal Komandan Sektor III Satgas Tinombala AKBP Guruh Arif Darmawan langsung minta dibelikan ayam goreng. Permintaan itu pun langsung dipenuhi.

"Saya minta anggota membelikan ayam goreng," imbuh mantan Kapolres Donggala itu.

Dengan tertangkapnya Basri dan tewasnya Andika, jumlah anggota kelompok Santoso yang tersisa diprediksi tinggal 13 orang. Dalam kelompok itu masih ada Ali Kalora yang bersama Basri dianggap sebagai sosok paling memungkinkan menggantikan Santoso yang telah tewas tertembak.(JPG/idr/c9/oki/flo/jpnn)

 


PALU - Pasukan Satgas Operasi Tinombala  akhirnya bisa meringkus Basri alias Bagong, orang kedua kelompok bersenjata Santoso. Basri ditangkap


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News