Sambut May Day, Kemnaker Gelar Lomba Memasak Kreasi Ikan

Sambut May Day, Kemnaker Gelar Lomba Memasak Kreasi Ikan
Lomba memasak kreasi ikan yang diselenggatakan Kemnaker dalam rangka menyambut May Day. Foto: Istimewa

jpnn.com, DEPOK - Menyambut perayaan Hari Buruh (May Day) Internasional yang diperingati setiap 1 Mei, Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) menggelar berbagai rangkaian kegiatan bagi pekerja/buruh dengan tema "May Day is a Fun Day." 

Salah satu kegiatan yang dilakukan adalah lomba memasak kreasi ikan yang dilaksanakan di D'Mall Depok, Jawa Barat, Sabtu (14/4).

Lomba Memasak Kreasi Ikan ini diikuti oleh 32 peserta. Turut hadir selaku juri, Penasehat Persatuan Dharma Wanita Kemnaker Ma'rifah Hanif Dhakiri, Perwakilan Asosiasi Perusahaan Jasa Boga Indonesia Tuti, dan Juara Masterchef Indonesia tahun 2011, Lucky Andreono.

Dirjen Pembinaan Hubungan Industrial dan Jaminan Sosial (PHI & Jamsos) Kemnaker Haiyani Rumondang mengatakan, salah satu tujuan penyelenggaraan kegiatan lomba memasak ini adalah mengasah bakat-bakat dan keterampilan pekerja/buruh di bidang kuliner sehingga nantinya mereka bisa memanfaatkan keahliannya itu untuk berwirausaha.

"Lomba memasak ini diharapkan akan memberikan efek langsung pada peningkatan keterampilan pekerja/buruh sehingga nantinya mereka bisa memanfaatkan keterampilan memasaknya untuk memulai usaha di bidang kuliner," kata Dirjen Haiyani saat memberikan sambutan pada pembukaan Lomba Memasak Kreasi Ikan di D'Mall Depok.

Selain itu, tambah Dirjen Haiyani, kegiatan semacam ini diharapkan dapat berdampak pada perubahan citra May Day di Indonesia dari yang sebelumnya sebagai momen untuk berunjung rasa menjadi wahana untuk bersuka cita sesuai dengan tema yang diusung Kemnaker "May Day is a Fun Day".

"Kegiatan seperti ini patut dicontoh oleh para pemangku kepentingan dalam merayakan May Day. Tujuannya agar pemaknaan peringatan May Day ini tidak lagi identik dengan berunjuk rasa untuk menyuarakan aspirasi pekerja/buruh, akan tetapi membuat suatu gerakan/aksi yang bermanfaat bagi pekerja/buruh dan keluarganya serta masyarakat luas yang dilaksanakan dengan hati yang gembira," ujar Dirjen Haiyani.

Menurut Dirjen Haiyani, May Day harus dimaknai sebagai perayaan atas kemenangan bagi pekerja/buruh, pengusaha, dan pemerintah.

Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) menggelar berbagai rangkaian kegiatan bagi pekerja/buruh dengan tema

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News