Sambut Resolusi PBB, Libya Gencatan Senjata

Sambut Resolusi PBB, Libya Gencatan Senjata
Sambut Resolusi PBB, Libya Gencatan Senjata
BENGHAZI - Di saat pasukan loyalis Moammar Kadhafi selangkah lagi meraih "kemenangan?, Dewan Keamanan PBB akhirnya menyetujui pemberlakuan zona larangan terbang dan mengizinkan opsi militer guna menghentikan aksi pasukan pro pemerintah. Pemerintah Libya yang gentar dengan resolusi tersebut, kemarin langsung mengumumkan gencatan senjata dengan kelompok pemberontak.

"Libya telah memutuskan untuk melakukan gencatan senjata dan segera menghentikan semua operasi militer," tegas Menteri Luar Negeri Moussa Koussa saat menggelar jumpa pers kemarin (18/3).   

Dia menyatakan, keputusan tersebut diambil karena Libya adalah anggota PBB dan wajib menerima resolusi Dewan Keamanan PBB. Resolusi DK PBB tersebut disetujui Kamis malam (17/3) waktu setempat dengan dukungan Amerika Serikat, Prancis, dan Inggris. Presiden AS Barack Obama menelepon pemimpin negara Inggris dan Prancis setelah keputusan tersebut diambil.

Pejabat AS yang berbicara setelah pertemuan tertutup di Kongres menyatakan, upaya untuk menghentikan angkatan udara Libya bisa dimulai besok (20/3) atau Senin (21/3) dengan menggunakan jet tempur, pesawat pengebom, dan pengintai.

BENGHAZI - Di saat pasukan loyalis Moammar Kadhafi selangkah lagi meraih "kemenangan?, Dewan Keamanan PBB akhirnya menyetujui pemberlakuan zona

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News