JPNN.com

Sandiaga Uno Jadi Menteri Paling Diapresiasi Publik dan Media Versi Indonesia Indicator

Senin, 19 April 2021 – 21:09 WIB
Sandiaga Uno Jadi Menteri Paling Diapresiasi Publik dan Media Versi Indonesia Indicator - JPNN.com
Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno melakukan “kick off” program vaksinasi pelaku ekraf di Jakarta, Sabtu (17/4/2021). Foto: ANTARA/Hanni Sofia/aa.

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno menjadi salah satu Menteri Kabinet Indonesia Maju yang paling diapresiasi publik dan media versi Indonesia Indicator (I2).

Dalam penelitian yang dilakukan Indonesia Indicator sejak 24 Desember 2020 hingga 12 April 2021, atau sejak Presiden Joko Widodo melakukan perombakan (reshuffle) Kabinet Indonesia Maju pada 23 Desember 2020, Sandiaga Uno menjadi menteri yang paling banyak mendapatkan sentimen positif yakni dengan 13.968 berita.

Berada di urutan kedua dan ketiga, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin (13.879 berita) dan Menteri Keuangan Sri Mulyani (9.101 berita). Sementara di urutan keempat ada Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto (8.808 berita) dan Menteri Sosial Tri Rismaharini (7.735 berita).

Kepala Divisi Riset Indonesia Indicator, Fanny Chaniago mengatakan, penelitian ini menganalisisa data pemberitaan sebanyak 4.655.176 berita yang berasal dari 5.963 media online berbahasa Indonesia, dari media online nasional hingga media online lokal.

Dengan menggunakan kata kunci nama menteri, sistem kecerdasan buatan mengidentifikasi pemberitaan mengenai figur menteri. Sekaligus mengenali pemberitaan yang memiliki konten-konten positif.

Baca Juga: Pasangan Bukan Muhrim Ngamar, Tiba-Tiba Digedor Polisi, Oknum Honorer Tak Berkutik

“Sentimen positif ini didapatkan dari beberapa aspek, di antaranya pemberitaan tentang kinerja menteri, dan pelaksanaan program kerja serta terobosan yang dibuat di kementerian tersebut, dan bagaimana media mencitrakan atau mempersepsikan figur menteri,” kata Fanny dalam keterangan resmi, Senin (19/4/2021).(dkk/jpnn)

Berikut nama-nama menteri yang mendapatkan sentimen positif tertinggi:

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...