Sandiaga Uno Menargetkan Sektor Pariwisata Menyerap 4,4 Juta Tenaga Kerja Baru

Sandiaga Uno Menargetkan Sektor Pariwisata Menyerap 4,4 Juta Tenaga Kerja Baru
Menparekraf Sandiaga Uno akan mempromosikan pemasaran produk aneka kerajinan masyarakat Badui untuk peningkatan ekonomi dan penyerapan lapangan pekerjaan. ANTARA/ Mansur

jpnn.com - LEBAK - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno meyakini bahwa sektor pariwisata dapat menyumbangkan ekonomi masyarakat dan mampu mengatasi pengangguran. 

Oleh karena itu, dia menyatakan pihaknya menargetkan penyerapan tenaga kerja baru sektor pariwisata pada 2022 mencapai 1,2 juta dan di 2024 sebanyak 4,4 juta. 

“Kami berharap penyerapan tenaga kerja itu dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat," kata Sandiaga Uno di Lebak, Banten, Minggu (16/10). 

Menurutnya, penyerapan tenaga kerja sektor pariwisata memberikan dampak berantai cukup besar terhadap peningkatan pendapatan ekonomi masyarakat. Selain itu juga dapat meningkatkan penyerapan lapangan pekerjaan hingga enam kali lipat.

Pihaknya fokus meningkatkan kesejahteraan masyarakat dengan berbagai inovasi dan kebijakan untuk membangun sektor pariwisata dengan melibatkan stakeholders, termasuk komunitas.

Saat ini, lanjutnya, Kemenparekraf menyelenggarakan lomba 50 desa wisata bersama Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) dengan didampingi Bank Central Asia (BCA) dan komunitas lainnya. 

Penyelenggaraan lomba desa wisata itu menjadi kearifan lokal yang harus dijaga dan dilestarikan. Selain itu juga untuk menggairahkan obyek wisata yang sempat lesu karena pandemi.

 "Kami optimistis destinasi wisata kembali bangkit dan menyumbangkan kesejahteraan masyarakat," ungkap Sandiaga Uno. 

Menparekraf Sandiaga Uno menargetkan sektor pariwisata dapat menyerap 4,4 tenaga kerja baru pada 2024 mendatang.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News