Sandiaga Uno Mendorong UMKM Berdaya Saing Global dan Menciptakan Lapangan Kerja

Sandiaga Uno Mendorong UMKM Berdaya Saing Global dan Menciptakan Lapangan Kerja
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno saat diskusi Kajian Ekonomi Series-4 yang digelar oleh Yayasan Indonesia Setara, Selasa (26/4). Foto: Source for JPNN.com.

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno memberikan sejumlah tips kepada anak muda yang menggeluti Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) agar memiliki daya saing global. Sandiaga menyampaikan itu saat menjadi moderator dalam diskusi Kajian Ekonomi Series-4 yang digelar oleh Yayasan Indonesia Setara, Selasa (26/4).

Dalam diskusi webinar itu, ada lima narasumber yang menjadi pembicara, yakni Founder & CEO SMEsHub (Small-Medium Enterprises Hub) Indonesia Lutpi Ginanjar, musikus D'Masiv Rian Ekky Pradipta. Selain itu ada pula tiga pelaku UMKM, yakni pengusaha furniture kayu M. Ramdhan, petani dan eksportir jahe Hendrik Mubarok, serta mahasiswa dan eksportir produk UMKM Afif Nur Faqih.

Lutpi Ginanjar awalnya memberikan penjelasan terkait upaya yang dilakukan dalam membantu perkembangan sektor UMKM agar terus berkembang dan bertumbuh.

"Kami memberikan akses bagi para pelaku UMKM pemula agar produk mereka bisa menembus pasar ekspor. Kami memiliki mitra jejaring ekspor di 35 negara dan juga dalam proses ekspor sudah mengikuti sistem di Bea Cukai," kata Lutpi.

Dia juga memberikan akses bagi sejumlah mahasiswa untuk berlatih menjadi influencer dengan berbagai kreasi konten dalam mempromosikan berbagai produk UMKM.

"Kami buat inkubator promosi produk UMKM. Kuncinya dalam sukses berusaha adalah seorang pelaku usaha harus memahami kebutuhan pasar. Kita harus bisa menjadi solusi dari sebuah masalah atau kebutuhan pasar, bisnis seperti ini yang sustainable," ucap Lutpi.

Lebih lanjut dia menyebutkan dalam melakukan ekspor sebuah produk, pihaknya melakukan riset terlebih dahulu di lokasi negara tujuan, apakah sesuai dengan kebutuhan market.

Eksportir Jahe asal Garut Selatan, Hendrik Mubarok menyebutkan usahanya terus berkembang selama masa pandemi Covid-19 seiring dengan kebutuhan masyarakat akan jahe.

Sandiaga Uno memberikan tips bagi pelaku UMKM agar bisa berdaya saing global, menciptakan lapangan kerja, dan memulihkan ekonomi.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News