Sanggam Hutapea: Event Internasional di Danau Toba Harus Berdampak Jangka Panjang

Sanggam Hutapea: Event Internasional di Danau Toba Harus Berdampak Jangka Panjang
Pemerhati dan pelaku pariwisata Sanggam Hutapea. Foto: Dokumentasi pribadi

jpnn.com, JAKARTA - Perhelatan internasional F1 Powerboat di Danau Toba pada 24-26 Februari 2023 telah berakhir. Pelaksanannya boleh dikatakan sukses.

Pemerhati dan pelaku pariwisata Sanggam Hutapea mengatakan perhelatan internasional F1 Powerboat di Danau Toba pada 24-26 Februari 2023 harus dijadikan sebagai salah satu event pariwisata berkelanjutan atau sustainable tourism.

Apa lagi Danau Toba yang akan menjadi tuan rumah F1 Powerboat (F1H2O) World Championship selama lima tahun.

Artinya, tahun depan kita berharap pelaksanaan F1 Powerboat di Danau Toba ditingkatkan dan dipromosikan secara luas sejak dini untuk memperkenalkan destinasi wisata Indonesia dan menaikkan citra positif Danau Toba di mata dunia.

“Kita ingin Danau Toba yang akan menjadi tuan rumah F1 Powerboat (F1H2O) World Championship selama lima tahun ke depan atau hingga 2027 dijadikan konsep berwisata yang dapat memberikan dampak jangka panjang,” kata Sanggam Hutapea.

Pada sisi lain Sanggam Hutapea mengingatkan bahwa keberhasilan event yang dilaksanakan di kawasan Danau Toba, patokannya bukan pada saat banyaknya orang datang menyaksikan event itu, tetapi efek dari event itu dapat dirasakan beberapa tahun kemudian.

Para wisatawan datang kembali bersama teman-temannya ke Danau Toba.

“Jadi, jangan hanya berpikir bahwa wisatawan banyak datang ke Danau Toba saat penyelenggaran event saja, tetapi event itu harus dilihat sebagai bagian dari promosi yang efeknya di dapat beberapa tahun ke depan, yang ditandai kedatangan kembali wisatawan ke Danau Toba, walaupun tidak ada event yang sama,” ujar Sanggam Hutapea.

Pemerhati pariwisata Sanggam Hutapea mengatakan perhelatan internasional F1 Powerboat di Danau Toba pada 24-26 Februari 2023 harus berkelanjutan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News