Sarah Palin Tersangkut Masalah Lagi

Sarah Palin Tersangkut Masalah Lagi
JAMUAN - Gubernur Alaska Sarah Palin, saat menghadiri jamuan makan dalam sebuah acara penandatanganan peraturan, di Unalakleet, Alaska, akhir pekan lalu. Foto: AP Photo/Matthew Daly.
ANCHORAGE - Mantan cawapres AS, Sarah Palin, kembali membuat berita. Gubernur Alaska yang pekan ini mestinya segera bakal meninggalkan posisinya itu, dilaporkan (lagi) telah melanggar kode etik sebagai pejabat. Laporan terakhir ini, sebagaimana diberitakan AP, disampaikan oleh salah seorang penyidik independen.

Penyidik tersebut, yang bekerja untuk Dewan Personil di negara bagian Alaska, menyatakan dalam laporannya pekan lalu, bahwa telah ditemukan adanya bukti pelanggaran peraturan kode detik yang dilakukan Palin. Sang penyidik mengatakan bahwa Palin telah "menjual" jabatannya (sebagai gubernur) dalam rangka mengumpulkan dana untuk sejumlah pembiayaan urusan hukum.

Jelasnya, Palin dilaporkan telah "mengamankan" sejumlah dana keuntungan tanpa garansi, serta menerima hadiah yang tak wajar melalui Lembaga Dana Alaska yang didirikan oleh pendukungnya. Dalam hal ini, dugaan penyalahgunaan jabatan oleh Palin tersebut, menurut sang penyidik, dilakukan (mulai) saat menyetujui pendirian lembaga yang kemudian dibuat menjadi "sumber dana resmi" urusan hukum pemerintahannya itu.

Dana dimaksud kemudian dipergunakan oleh Palin dalam membiayai pembelaan sejumlah perkara pelanggaran etik yang dituduhkan padanya selama ini, meski banyak di antaranya sebenarnya telah dibatalkan. Menariknya, dalam hal ini sang investigator, Thomas Daniel, mengaku cukup bersimpati dengan posisi Palin, serta mengusulkan agar sebuah peraturan dibuat di negara bagian itu terkait dana urusan hukum yang harus dikeluarkan oleh para pejabat.

ANCHORAGE - Mantan cawapres AS, Sarah Palin, kembali membuat berita. Gubernur Alaska yang pekan ini mestinya segera bakal meninggalkan posisinya

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News