Saran Fadli Zon agar Sudirman Said Bisa Imbangi Ganjar

Saran Fadli Zon agar Sudirman Said Bisa Imbangi Ganjar
Prabowo Subianto (kedua kiri), Anies Baswedan (kiri), Sudirman Said (kedua kanan), dan Ferry Juliantono (kanan). FOTO: MIFTAHULHAYAT/JAWA POS

jpnn.com, JAKARTA - Mantan Menteri ESDM Sudirman Said (SS) diusung Partai Gerindra menghadapi lawan berat, jika PDI Perjuangan kembali menyalonkan petahana Ganjar Pranowo di Pilgub Jateng.

Sudirman membutuhkan sosok wakil yang bisa mengangkat elektabilitasnya untuk memenangkan pertarungan.

Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Fadli Zon menyarankan Sudirman agar tidak mengambil wakil yang memiliki latar belakang sama dengannya.

Fadli mengatakan Sudirman bisa saja mengambil figur dari kalangan Nahdatul Ulama, maupun yang nasionalis.

"Yang jelas harusnya yang berbeda latar belakang dengan Pak SS. Misalnya dari NU atau dari kalangan yang memang nasionalis begitu sekalian," kata Fadli Zon, Jumat (15/12) di gedung DPR, Jakarta.

Wakil ketua DPR itu menyerahkan kepada Sudirman untuk mengusulkan cawagub. Namun Fadli menyarankan agar antara cagub dan cawagub bisa saling melengkapi.

"Kalau pakai terminologi dulu itu misalnya nomor 1 (cagub) santri, nomor 2 (cawagub) abangan. Kalau satunya latar belakang religius, ya yang kedua nasionalis kebangsaan," papar Fadli.

Namun, Fadli memahami semua itu sangat tergantung hasil pembicaraan dengan partai politik yang akan menjadi mitra koalisi.

Sudirman Said diusung Partai Gerindra maju sebagai cagub di Pilgub Jateng, kemungkinan bakal berhadapan dengan Ganjar Pranowo.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News