Sarang Burung Walet Putih Bersih, Setelah Diteliti Bikin Kaget

Sarang Burung Walet Putih Bersih, Setelah Diteliti Bikin Kaget
Sejumlah barang bukti ditemukan polisi di rumah tersangka pembuat sarang walet palsu di Sampit. Foto: ANTARA/HO-Polres Kotim

jpnn.com, KOTAWARINGIN TIMUR - Polisi berhasil mengungkap aksi penipuan dengan modus sarang burung walet palsu terbuat dari mie soun atau sohun di Sampit, Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah.

Jajaran Polres Kotawaringin Timur sudah menangkap pelaku.

"Awalnya ada seorang warga yang melaporkan dugaan penipuan. Setelah diselidiki, akhirnya terbongkar pembuatan sarang walet palsu ini. Tersangka sudah kami tangkap," kata Kapolres Kotawaringin Timur (Kotim) AKBP Abdoel Harris Jakin di Sampit, Rabu (5/8).

Tersangka penipuan dengan modus sarang walet palsu itu adalah seorang pria berinisial MK (48).

Dia membuat sarang burung palsu di rumahnya, kemudian menjualnya kepada pengepul.

Sarang walet palsu itu dibuat dari mie soun yang dibentuk menyerupai sarang walet aslinya menggunakan sejenis mal yang dibuatnya sendiri. Sejauh ini dia mengaku melakukan aksi itu seorang diri.

Secara sepintas, sarang walet palsu itu mirip seperti aslinya. Bentuk mie soun yang lembut dan warnanya yang putih bersih, secara kasat mata memang cukup mirip dengan sarang burung walet.

Dugaan penipuan itu terbongkar setelah korban curiga dengan bentuk sarang walet yang dibelinya dari tersangka berbeda dengan sarang walet asli.

Seorang warga Sampit, Kotawaringin Timur, Kalteng, ditangkap polisi karena berbisnis sarang burung walet tetapi curang.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News