Sarjana Teknik, MIPA, dan Agrikultur Langsung Dapat Beasiswa S2

Pemerintah Genjot Doktor Ilmu Eksakta

Sarjana Teknik, MIPA, dan Agrikultur Langsung Dapat Beasiswa S2
Sarjana Teknik, MIPA, dan Agrikultur Langsung Dapat Beasiswa S2

jpnn.com - JAKARTA - Kabar baik baik mahasiswa fakultas teknik, matematika dan ilmu pengetahuan alam (MIPA), dan agrikultur. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) memberikan beasiswa studi S2 bagi sarjana fresh graduate ketiga rumpun kuliah itu.

Mendikbud Mohammad Nuh mengatakan program beasiswa ini akan mulai digulirkan untuk tahun akademik 2013-2014 ini. "Tujuannya adalah menambah jumlah doktor (S3) di ketiga bidang ilmu itu. Kuliahnya kami gratiskan, dibiayai negara," katanya kemarin.

Nuh mengakui bahwa beasiswa yang diberikan saat ini masih untuk melanjutkan studi jenjang S2. "Tetapi untuk jadi doktor kan harus S2 (magister) dulu. Tidak bisa dari sarjana langsung doktor, jadi beasiswa ini relevan," ujar menteri asal Surabaya itu.

Menurut Nuh saat ini populasi doktor di Indonesia masih sangat sedikit sekali. Perkiraan Kemendikbud saat ini perbandingan jumlah doktor masih 98 orang doktor berbanding satu juta penduduk Indonesia.Terlebih untuk doktor di bidang teknik, MIPA, dan agrikultur menurut Nuh jumlahnya masih sedikit.

Mantan rektor ITS itu mengatakan, program beasiswa studi lanjut S2 ini sudah dikomunikasikan dengan seluruh PTN. Anggaran yang dipakai untuk membiayai beasiswa ini dia,bilkan dari DIPA masing-masing PTN. Syarat pendaftaran juga tetap memakai sistem seleksi.

"Bukan berarti setiap sarjana ketika program itu dapat beasiswa semuanya. Tetap ada seleksinya yang dijalankan masing-masing kampus," katanya.

Dia mengatakan mahasiswa sarjana fresh graduate dengan nilai IPK (Indeks Prestasi Komulatif) lebih dari tiga poin berpeluang bisa menikmati beasiswa ini. Sebaliknya sarjana denga IPK 1 poin hingga 2 poin perlu berjuang ekstra keras supaya diterima di jenjang S2.

Nuh berharap mahasiswa yang berhasil merebut beasiswa ini tidak berhenti hingga di level S2. "Tetapi juga bisa ditingkatkan lagi sampai S3. Nanti diupayakan mendapatkan beasiswa lagi," papar Nuh.

JAKARTA - Kabar baik baik mahasiswa fakultas teknik, matematika dan ilmu pengetahuan alam (MIPA), dan agrikultur. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News