Satgas Covid-19 Latih Seribu Sukarelawan di Samarinda

Satgas Covid-19 Latih Seribu Sukarelawan di Samarinda
Waspada, kasus positif aktif Covid-19 di Kaltim masih bertambah. Tetap patuhi protokol kesehatan dengan memakai masker, jaga jarak dan rutin mencuci tangan Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, SAMARINDA - Satgas Penanganan Covid-19 melatih seribu sukarelawan di Samarinda.

Kegiatan itu dilakukan dalam penggalangan dan peningkatan kapasitas 1.000 relawan Covid-19 wilayah Samarinda.

Harapannya, sukarelawan itu akan menjadi perubahan perilaku yang membawa inspirasi dan harapan dalam penanganan Covid-19 di Samarinda.

Ketua Bidang Koordinasi Relawan (BKR) Satgas Covid-19 Andre Rahadian mengatakan kegiatan ini dimulai dari pelatihan supervisi lokal, praktik mengajar fasilitator, serta penggalangan dan peningkatan kapasitas sukarelawan Covid-19 selama lima hari, yang dimulai dari 13 hingga 17 September 2021.

"Dalam jangka waktu lima hari tersebut akan dilakukan sesi pelatihan yang dibagi ke dalam empat kelas dengan jumlah peserta 25
orang dalam tiap kelasnya," ujar Andre.

Jadi total peserta program pelatihan relawan berjumlah 1.000 orang dengan 200 relawan yang mengikuti pelatihan tiap harinya.

Menurut Andre, seribu sukarelawan ini merupakan perwakilan relawan dari berbagai daerah, instansi pemerintahan, dan organisasi kemasyarakatan mitra kebencanaan di Kalimantan Timur.

Seluruh relawan nantinya akan mendapatkan lima materi pelatihan.

Pertama, pencegahan, penyebaran, dan kebijakan 3M.

Satgas Penanganan Covid-19 melatih seribu sukarelawan di Samarinda. Mereka diharapkan menjadi agen protokol kesehatan Covid-19.