Satgas Covid-19 Pastikan Tekan Mobilitas di Daerah Episentrum Penularan

Satgas Covid-19 Pastikan Tekan Mobilitas di Daerah Episentrum Penularan
Wiku Adisasmito. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Satgas Penanganan Covid-19 memastikan pemerintah terus menekan penyebaran Covid-19, terutama di daerah yang menjadi pusat penularan.

Satgas menyebutkan kondisi perkembangan kasus Covid-19 nasional saat ini harus disikapi dengan upaya serius menekan kenaikan kasus.

Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Prof Wiku Adisasmito mengatakan ada dua upaya yang dapat dilakukan bersama agar situsasi saat ini dapat terkendali.

"Menyikapi kondisi terkini terutama kasus yang masih terpusat pada daerah tertentu, utamanya di Jawa-Bali, ada 2 upaya yang dapat dilakukan bersama demi menekan laju pertambahan kasus,"  kata Wiku melalui akun BNPB di YouTube.

Pertama, pengendalian kasus pada daerah penyumbang kenaikan kasus tertinggi sebagai hotspot penularan.

Kedua, pengendalian mobilitas agar kasus pada daerah hotspot tidak meluas.

Pada upaya pertama, data menyebut penularan terbesar terjadi pada wilayah aglomerasi seperti DKI Jakarta, Jawa Barat, dan Banten.

Oleh karena itu, dengan Instruksi Menteri Dalam Negeri (InMendagri) Nomor 9 Tahun 2022 terkait PPKM Level 1-3 di Wilayah Jawa-Bali, pemerintah daerah diminta serius menegakkan kebijakan protokol kesehatan, terutama daerah dengan PPKM Level 3.

Satgas Penanganan Covid-19 memastikan pemerintah terus menekan penyebaran Covid-19. Ada dua upaya yang tengah digenjot Satgas di lapangan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News