Satgas Pangan Polri Kawal Pendistribusian BBM

Satgas Pangan Polri Kawal Pendistribusian BBM
Bahan bakar minyak (BBM) yang disiapkan Pertamina. Foto dok Humas Pertamina

jpnn.com, JAKARTA - Satuan Tugas Pangan Polri bakal turut menjaga kestabilan harga bahan bakar minyak (BBM). Salah satunya dengan memastikan distribusi ini lancara sampai pada tujuan.

Kabareskrim Polri Komjen Arief Sulistyanto mengatakan, pengawalan ini sesuai arahan dari Kapolri Jenderal Tito Karnavian.

“Pemerintah sekarang sudah menentukan kebijakan BBM satu harga, sehingga ini harus dikawal dan dijaga jangan sampai terjadi penyimpangan," kata Arief, Kamis (15/11).

Arief mengatakan, Satgas Pangan Polri akan mengundang Kementerian ESDM dan Pertamina dalam rangka memperluas cakupan pengawasannya.

Sehingga, pemangku kebijakan tersebut dapat memberikan informasi, khususnya di kewilayahan terkait rawannya penimbunan BBM.

Arief menjelaskan, mekanisme pengawalan BBM akan sama seperti pengawalan bahan pokok yang dilakukan Satgas Pangan Polri selama dua tahun terakhir.

“Satgas Pangan akan mengawal distribusi BBM dan memantau stok demi stabilitas harga. Bila terdapat penyimpangan, maka Satgas Pangan pun tidak akan segan melakukan penindakan hukum,” tegas dia.

Adapun penyimpangan yang dia maksud adalah BBM subsidi digunakan untuk industri.

Mekanisme pengawalan BBM akan sama seperti pengawalan bahan pokok yang dilakukan Satgas Pangan Polri selama dua tahun terakhir.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News