Satgas TNI Menumbuhkan Nasionalisme Kepada Siswa di Papua, Begini Contohnya

Satgas TNI Menumbuhkan Nasionalisme Kepada Siswa di Papua, Begini Contohnya
Personel Satgas Pengamanan Daerah Rawan Yonif 756/WMS melatih dan mengambil bagian dalam kegiatan upacara bendera hari senin di SMPN dan SDN Tsinga Kampung Beanekogom Distrik Tembagapura Kabupaten Mimika. Foto: Puspen TNI

jpnn.com, TIMIKA - Satuan Tugas Pengamanan Daerah Rawan Yonif 756/WMS yang berada di bawah Komando Pelaksana Operasi Korem 174/ATW melatih dan mengambil bagian dalam kegiatan upacara bendera hari senin di SMPN dan SDN Tsinga Kampung Beanekogom Distrik Tembagapura Kabupaten Mimika.

Personel Satgas melaksanakan pelatihan untuk menanamkan semangat dan jiwa nasionalisme serta membentuk sikap dan karakter yang disiplin kepada para pelajar.

Upacara bendera merupakan salah satu kegiatan penting yang sering dilakukan di sekolah. Umumnya, upacara bendera dilaksanakan pada hari Senin dan hari-hari tertentu, seperti peringatan Hari Kemerdekaan Indonesia.

Ada beberapa tujuan dilaksanakannya kegiatan upacara bendera diantaranya, untuk menumbuhkan rasa nasionalisme, mempererat rasa persatuan dan kesatuan serta membentuk sikap dan karakter anak bangsa.

Hal tersebut disampaikan Dansatgas Pamrahwan Yonif 756/WMS Mayor Inf Marolop Edison Bala Hutapea dalam rilis tertulisnya di Timika, Papua, Senin (22/03/2021)

“Kegiatan ini merupakan salah satu upaya kami, Satgas Pamrahwan Yonif 756/WMS membantu pihak sekolah menumbuhkan budi pekerti, dan membentuk sikap maupun karakter yang disiplin bagi para murid, terutama nilai-nilai kebangsaan serta jiwa dan semangat nasionalisme," ujarnya.

Dansatgas mengungkapkan salah satu cara untuk membangun dan menumbuhkan rasa nasionalisme, semangat kebangsaan serta cinta tanah air dan bangsa adalah melalui kegiatan upacara bendera.

“Upacara jangan dianggap sebagai suatu rutinitas biasa, atau sebagai seremonial belaka, namun harus dimaknai sebagai suatu kegiatan untuk mempererat dan memperkukuh rasa persatuan dan kesatuan," ujar Marolop Edison.(fri/jpnn)

Simak! Video Pilihan Redaksi:

Personel Satgas melaksanakan pelatihan untuk menanamkan semangat dan jiwa nasionalisme serta membentuk sikap dan karakter yang disiplin kepada para pelajar.


Redaktur & Reporter : Friederich

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News