Satu Lagi, Lembaga Riset Sebut Prabowo Unggul dari Jokowi

Satu Lagi, Lembaga Riset Sebut Prabowo Unggul dari Jokowi
SALING HORMAT: Joko Widodo (kiri) bersama Prabowo Subianto (kanan) dan Ketua KPU Arief Budiman dalam Debat Capres di Shangri-La Hotel, Jakarta Pusat, Sabtu (30/3). Foto: Ricardo/JPNN.Com

jpnn.com, JAKARTA - Menara Digital Network memprediksi suara yang akan didapat pasangan calon presiden dan wakil presiden di Pilpres 2019. Hasilnya, Menara Digital Network memprediksi pasangan capres dan cawapres Prabowo Subianto - Sandiaga Uno unggul atas pesaingnya Joko Widodo (Jokowi) - Ma'ruf Amin.

"Hasilnya ialah Prabowo - Sandiaga unggul 55,6 persen sementara Jokowi - Ma'ruf 44,4 persen dalam Pilpres 2019," kata Ceo Menara Digital Network, Anthony Leong di Graha CIMB Niaga, Jakarta, Kamis (11/4).

Anthony Leong menyebut prediksi Menara Digital Network ini didapat dari hasil olahan data hasil percakapan, topik pembicaraan, dan sentimen di media sosial. Mereka menggunakan metode pengumpulan data secara real time di berbagai media sosial seperti Facebook, Twitter, Instagram, Youtube, dan jejaring forum diskusi lainnya.

Menurut dia, pasangan Prabowo - Sandiaga mendapat sentimen positif lebih besar dari Jokowi - Ma'ruf. Sentimen positif antara pasangan calon ini terpisah 12 persen, dengan keunggulan untuk Prabowo - Sandiaga.

"Berdasarkan Net Sentiment (NS) pada percakapan 11 Maret-9 April 2019 ditemukan, Prabowo-Sandi lebih memiliki sentimen positif, yaitu 63,4 persen daripada lawannya, Jokowi-Ma'ruf dengan presentase sentimen positif 51,1 persen," ucap Anthony.

BACA JUGA: Jagokan Prabowo - Sandi, Anggap Kampanye Jokowi - Ma'ruf Sepi

Dalam menentukan prediksi ini, Menara Digital Network juga melakukan analisis jejaring sosial, wilayah persebaran percakapan, dan algoritma internal.

Menurut Anthony, wilayah percakapan pasangan Prabowo - Sandiaga lebih besar dari Jokowi - Ma'ruf. Hasil olahan Menara Digital Network, pasangan Jokowi-Ma'ruf hanya unggul pada wilayah percakapan di 16 provinsi. Sedangkan pasangan Prabowo-Sandi unggul dari pasangan lawannya itu di 18 provinsi.

Menara Digital Network memprediksi pasangan capres dan cawapres Prabowo Subianto - Sandiaga Uno unggul atas pesaingnya Joko Widodo (Jokowi) - Ma'ruf Amin.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News