Satu Lagi Pria Iran Teridentifikasi Pengguna Paspor Curian

Satu Lagi Pria Iran Teridentifikasi Pengguna Paspor Curian
Pouria Nour Mohammad Mehrdad (kiri) dan Delavar Syed Mohammad Reza (kanan), dua warga negara Iran pengguna paspor curian saat terekam CCTV Bandara Internasional Kuala Lumpur. Foto: The Star

jpnn.com - LYON - Identitas dua pengguna paspor curian yang ikut dalam penerbangan Malaysia Airlines (MAS) bernomor penerbangan MH370 akhirnya terungkap semuanya. Interpol telah mengidentifikasi identitas penumpang yang menggunakan paspor atas nama Luigi Maraldi, setelah sebelumnya identitas pengguna paspor atas nama Christian Kozel juga berhasil diungkap.

Seperti dikutip dari laman The Star, Interpol telah mengidentifikasi pria bernama Delavar Syed Mohammad Reza. Pria umur 30 tahun asal Iran itu menggunakan paspor Luigi, warga negara Italia.

Sekretaris Jenderal Interpol, Ronald K Nobel mengungkapkan bahwa Delavar dan satu nama lagi yang telah teridentifikasi sebelumnya, Pouria Nour Mohammad Mehrdad, masuk Malaysia pada 28 Februari lalu.  Setelah masuk Malaysia, keduanya kemudian berganti dengan paspor atas nama Luigi dan Kozel untuk naik dalam penerbangan MH370 dari Bandara Internasional Kuala Lumpur (KLIA) tujuan Beijing yang lepas landas Sabtu (8/3) dini hari lalu.  

Meski demikian Interpol mengesampngkan kemungkinan kedua warga Iran dengan paspor curian itu sebagai teroris. “Ada spekulasi apakah mereka teroris atau bukan. Dalam 24 jam anda akan melihat cerita berubah, namun menjadi lebih yakin bahwa individu-individu ini bukan teroris,” ucapnya dalam konferensi di Lyon, Prancis hari ini.

Sebelumnya, nama yang teridentifikasi terlebih dulu adalah Pouria Nour Mohammad Mehrdad, remaja 19 tahun asal Iran. Mehrdad menggunakan paspor atas nama Christian Kozel yang berkewarganegaraan Austria.

Nama Mehrdad dicoret dari kemungkinan sebagai pelaku teroris setelah ibunya menghubungi pihak berwenang lantaran  remaja yang ikut penerbangan MAS yang hilang itu tak muncul di Frankfurt. Rute penerbangan Mehrdad adalah Kuala Lumpur-Beijing, untuk kemudian lanjut ke Amsterdam untuk ganti penerbangan ke Frankfurt.

Sedangkan Delavar yang menggunakan paspor atas nama Luigi juga sama-sama menempuh rutr Kuala Lumpur-Beijing, kemudian lanjut ke Amsterdam. Dari Amsterdam, Delavar rencananya akan meneruskan penerbangan ke Copenhagen.(ara/jpnn)

LYON - Identitas dua pengguna paspor curian yang ikut dalam penerbangan Malaysia Airlines (MAS) bernomor penerbangan MH370 akhirnya terungkap semuanya.


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News