Terima Kasih, Pak Polisi Sudah Tangkap Satu per Satu Bandit Ini

Terima Kasih, Pak Polisi Sudah Tangkap Satu per Satu Bandit Ini
Para tersangka curanmor saat konferensi pers di Mapolres, Cibinong, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Rabu (24/2). Foto: ANTARA/M Fikri Setiawan

jpnn.com, KABUPATEN BOGOR - Polisi menangkap sembilan tersangka pencurian sepeda motor (curanmor) yang beraksi di wilayah Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

"Modusnya mereka mengincar motor-motor yang terparkir di halaman rumah dan tempat sepi menggunakan kunci T,” ungkap Kapolres Bogor AKBP Harun saat konferensi pers di kantornya, Cibinong, Bogor, Rabu (24/2).

Menurutnya, dari sembilan orang tersangka itu, lima berperan sebagai eksekutor dan empat orang merupakan penadah. Satu per satu ditangkap oleh anggota Kepolisian sejak Januari 2021.

"TKP (tempat kejadian perkara) ada Cisarua, Babakanmadang, Ciampea, Ciawi, Ciomas, Sukaraja, Cileungsi, Cibungbulang dan Cibinong," terang mantan penyidik di KPK itu.

Harun menyebutkan, lima tersangka yang berperan sebagai eksekutor itu kerap beraksi pada pukul 02.00 WIB - 05.00 WIB. Sindikat curanmor tersebut merupakan spesialis halaman rumah.

Polisi mengamankan barang bukti sebanyak 17 unit sepeda motor dari para tersangka berinisial AJ, AY, DN, DS, PN, EN, AH, SL dan SA.

Mereka terancam dijerat dengan Pasal 363 ayat (1) ke 3e, 4e dan 5e KUHPidana Pencurian dengan pemberatan dilakukan oleh dua orang atau lebih dengan cara membongkar atau menggunakan kunci palsu dengan ancaman hukuman tujuh tahun penjara.

Kemudian Pasal 480 KUHPidana menjual, menguasai dan menjadi perantara jual beli barang yang diduga diperoleh dari hasil kejahatan dengan ancaman hukuman empat tahun penjara.

Dari sembilan orang tersangka curanmor, empat pelaku berperan sebagai penadah hasil curian.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News