Satwa KBS Mati Lagi

Satwa KBS Mati Lagi
Satwa KBS Mati Lagi

jpnn.com - KEBUN Binatang Surabaya kembali kehilangan satwa koleksinya. Kemarin (26/2) giliran anoa jantan menemui ajalnya di dalam kandangnya. Satwa dengan nama latin Bubalus depressicornis tersebut ditemukan mati sekitar pukul 11.30. 

Petugas langsung membawanya dan melakukan otopsi. Berdasar hasil otopsi, anoa dengan panggilan Heppy itu dinyatakan mati karena paru-parunya membengkak. 

Selain paru-paru bengkak, anoa tersebut sudah tua. "Usianya 19 tahun," ujar Humas KBS Agus Supangat. Masa hidup maksimal satwa tersebut biasanya 20 tahun.

Ketika dihubungi Jawa Pos, Direktur Operasional Perusahaan Daerah Taman Satwa (PDTS) KBS Liang Kaspe menyatakan, dalam sebulan terakhir satwa endemis tersebut telah mendapat perawatan intensif di KBS.

Menurut Liang, satwa itu memang sakit-sakitan. "Keluar masuk, keluar masuk (klinik, Red) terus," ujarnya.

Adanya gangguan fungsi paru-paru berupa pembengkakan, jelas Liang, memengaruhi fungsi pernapasan hewan tersebut. "Karena susah napas, makanya mati," terangnya.

Lebih lanjut, Liang mengatakan, selama masa perawatan, pihak KBS telah melakukan hal yang terbaik. Baik gizi maupun obat-obatan untuk menangani gangguan paru-paru anoa tersebut. "Semua sesuai dengan kaidah kedokteran," tambahnya.

Dengan matinya anoa, kini koleksi di KBS tinggal lima ekor. Perinciannya, 1 jantan, 3 betina, dan 1 ekor belum diketahui jenis kelaminnya.

Anoa jantan yang mati itu memang masuk dalam daftar 84 satwa yang rentan mengalami kematian. Selain anoa, yang telah mati adalah nilgai dan babon. Kini satwa rentan mati tersebut tersisa 81 ekor. (yoc/end/mas)

 

KEBUN Binatang Surabaya kembali kehilangan satwa koleksinya. Kemarin (26/2) giliran anoa jantan menemui ajalnya di dalam kandangnya. Satwa dengan


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News