SBY Abaikan Kepercayaan Publik pada Penegak Hukum

SBY Abaikan Kepercayaan Publik pada Penegak Hukum
SBY Abaikan Kepercayaan Publik pada Penegak Hukum
JAKARTA - Pakar hukum tata negara, Irmanputra Sidin menegaskan, enam tahun masa kepemimpinan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) tidak berhasil untuk mengembalikan kepercayaan masyarakat terhadap tiga institusi penegak hukum, masing-masing yakni kejaksaan, kepolisian dan hakim.

"Tiga hal mendasar ini yang masih sangat dirisaukan masyarakat. Karena selama enam tahun berkuasa, pemerintahan SBY tidak membenahinya," kata Irman, dalam diskusi bertema "Evaluasi Satu Tahun Pemerintahan SBY-Boediono", di pressroom DPR RI, Senayan, Jakarta, Jumat (22/10).

Selain dinilai gagal membenahi institusi penegak hukum, Irmanputra Sidin juga mencatat bahwa perilaku Presiden lebih cenderung untuk bersikap membiarkan kondisi yang tidak baik tersebut. "SBY membiarkan bangsa ini bagaikan anak ayam kehilangan induk," tegasnya.

Demikian juga halnya dengan kehadiran Satgas Anti Mafia Hukum yang dibentuk oleh Presiden SBY. Menurut Irman, mungkin saja tujuannya memang sangat baik dan mulia, tapi kehadirannya justru makin mengurangi tanggung jawab institusi penegak hukum yang diamanatkan oleh konstitusi itu.

JAKARTA - Pakar hukum tata negara, Irmanputra Sidin menegaskan, enam tahun masa kepemimpinan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) tidak berhasil

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News