SBY Ajari Menteri Cara Hadapi Wartawan

SBY Ajari Menteri Cara Hadapi Wartawan
SBY Ajari Menteri Cara Hadapi Wartawan
JAKARTA - Para menteri Kabinet Indonesia Bersatu (KIB) II, terutama mereka yang jadi wajah baru, mungkin perlu belajar untuk betul-betul menjadi pejabat yang bisa menghadapi publik. Sampai-sampai Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) pun sengaja harus memberi tips cara menghadapi wartawan dalam mempublikasikan kebijakan.

"Adakalanya sidang menteri diliput oleh pers, karena itu memang terbuka untuk rakyat. Namun ada sebagian yang tidak langsung diliput. Nah, untuk kegiatan atau rapat yang tidak langsung diliput, setelah sidang bisa diadakan jumpa pers. Ada kalanya informasi itu penting segera diketahui publik, tapi ada juga yang sifatnya tidak untuk wilayah publik," kata SBY.

Meski begitu, terang SBY, transparansi harus tetap dikedepankan, sebagai wujud pelaksanaan program good governance. "Rakyat mesti tahu, agar apa yang menjadi kebijakan pemerintah bisa segera diketahui publik. Walaupun ada agenda-agenda yang sifatnya hidden," tuturnya pula.

Dalam kesempatan sidang paripurna pertama kabinet baru itu, SBY kembali menegaskan bahwa dirinya sudah memilih orang-orang yang tepat untuk menjadi menteri. Para pembantunya diyakini bisa melayani publik sesuai dengan kapasitas masing-masing. "Saya dalam memilih menteri pasti tidak gegabah. Saya tegaskan, semuanya berdasarkan banyak pertimbangan, sesuai dengan kemampuan," bebernya.

JAKARTA - Para menteri Kabinet Indonesia Bersatu (KIB) II, terutama mereka yang jadi wajah baru, mungkin perlu belajar untuk betul-betul menjadi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News