SBY Akui Bicara di Telepon dengan Kiai Ma'ruf, tapi..

SBY Akui Bicara di Telepon dengan Kiai Ma'ruf, tapi..
Susilo Bambang Yudhoyono, saat menggelar jumpa pers di Wisma Proklamasi, Rabu (1/2). Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com - jpnn.com -Ketua Umum DPP Partai Demokrat, Susilo Bambang Yudhoyono mengaku pernah melakukan pembicaraan lewat telepon dengan Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia ‎(MUI) KH Ma'ruf Amin.

SBY mengatakan, pembicaraan dilakukan pada 7 Oktober 2016 lalu, saat pasangan calon Gubernur DKI Jakarta Agus Harimurti Yudhoyono-Sylviana Murni, bertemu sejumlah pengurus PBNU dan PP Muhammadiyah, untuk memohon doa restu.

Menurut Presiden ke-6 RI ini, pertemuan Agus-Sylvi dihadiri pengurus lengkap‎ PBNU, karena mengira SBY ikut hadir. Saat itulah kemudian salah seorang staf SBY menghubungkannya dengan Ma'ruf Amin, yang juga hadir pada pertemuan tersebut.

"Ada‎ staf di sana yang menyambungkan saya dengan Pak Ma'ruf melalui telepon. Kaitannya, Insyaallah suatu saat kami bisa berdiskusi," ucap SBY pada konferensi pers yang digelar di Kantor DPP PD, Wisma Proklamasi, Jakarta Pusat, Rabu (1/2).‎

Meski mengaku melakukan pembicaraan dengan Ma'ruf, SBY membantah melakukan pembicaraan terkait hal-hal yang dituding pihak tertentu.

Antara lain, disebut-sebut meminta Ma'ruf segera mempercepat sikap keagamaan MUI, terkait omongan Basuki Tjahaja Purnama soal surah Almaidah ayat 51.

"‎Jadi saya menyatakan ‎senang jika kapan-kapan bisa bertukar pikiran tentang Islam dan dunia. Sebab saat ini saya tergabung dalam Wise Persons Council dari organisasi kerja sama Islam," tutur SBY.

Sementara itu terkait ‎sikap keagamaan MUI dalam kasus Ahok, SBY meminta sebaiknya ditanyakan langsung ke lembaga keagamaan umat Islam tersebut.

"Saya kira mudah mengecek, daripada saya defensif, tanyakan langsung apakah MUI dalam mengeluarkan pandangan keagamaannya didikte atau d‎itekan oleh yang namanya SBY," tukas SBY. (gir/jpnn)


Ketua Umum DPP Partai Demokrat, Susilo Bambang Yudhoyono mengaku pernah melakukan pembicaraan lewat telepon dengan Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia


Redaktur & Reporter : Ken Girsang

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News