SBY Anggap Pilkada Revolusi Sunyi

SBY Anggap Pilkada Revolusi Sunyi
SBY Anggap Pilkada Revolusi Sunyi
JAKARTA - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) menilai proses Pilkada Langsung telah mengantarkan rakyat sebagai pihak yang berdaulat. Meski dempat ada gejolak pada awal-awal pelaksanaannya, namun Pilkada langsung telah mengubah praktik demokrasi di negeri ini.

Saat menyampaikan Pidato Kenegaraan pada sidang paripurna bersama DPR dan DPD RI di Komplek Parlemen, Senin (16/8), SBY menyatakan, dengan Pilkada langsung maka Gubernur, Bupati dan Walikota di Indonesia telah dipilih sendiri oleh rakyat. Menurutnya, dengan Pilkada peta politik telah berubah secara fundamental.

"Pelaksanaan demokrasi langsung ini mengubah banyak hal. Kini, rakyatlah yang berdaulat. Bukan lagi sekelompok orang yang mengatasnamakan rakyat," ujar SBY.

Yang menakjubkan, lanjutnya, proses politik yang sangat rumit terkait penyelenggaraan Pilkada itu berlangsung dalam waktu relatif singkat dan tanpa menimbulkan gejolak atau guncangan sosial yang serius, kecuali pada periode awal. Ditegaskannya, proses itu tanpa disadari telah mengubah praktik demokrasi di Indonesia.

JAKARTA - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) menilai proses Pilkada Langsung telah mengantarkan rakyat sebagai pihak yang berdaulat. Meski dempat

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News