SBY Didesak Turun Langsung Selamatkan Nyawa TKI di Malaysia

SBY Didesak Turun Langsung Selamatkan Nyawa TKI di Malaysia
SBY Didesak Turun Langsung Selamatkan Nyawa TKI di Malaysia
JAKARTA - Anggota Komisi I DPR RI, Effendie Choirie meminta Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) memintakan keringanan hukuman kepada Pemerintahan Malaysia, bagi 162 tenaga kerja Indonesia (TKI) yang saat ini tengah menjalani hukuman di 18 penjara di negeri jiran itu. Permintaan tersebut disampaikan Effendie, mengacu pada saran anggota parlemen Malaysia.

Menurut Effendie dirinya dan tiga anggota DPR RI beberapa waktu lalu ditugasi ke Malaysia bertemu dengan Menteri Hukum dan Perundang-Undangan dan parlemen di negeri tersebut. "Semua pejabat yang ditemui selalu menyarankan agar Presiden RI segera memohonkan keringanan hukuman bagi seratus lebih TKI yang saat ini menjalani hukuman di negara Malaysia," kata Effendie di gedung DPR, Senayan Jakarta, Kamis (1/11).

Menurut politisi PKB itu, hingga Oktober lalu terdapat 162 TKI yang dijatuhi vonis mati. Banyaknya TKI yang divonis mati itu pun menimbulkan persoalan tersendiri bagi pemerintahan Malaysia.

"Setiap ada eksekusi hukuman mati TKI, Kedutaan dan Konsulat Jenderal Malaysia di seluruh Indonesia selalu didemo. Sementara upaya untuk meringankan hukuman tidak pernah dilakukan oleh Indonesia. Padahal praktek seperti itu lumrah terjadi di tingkat hubungan antarnegara," tegas politisi yang akrab disapa dengan nama Gus Choi itu.

JAKARTA - Anggota Komisi I DPR RI, Effendie Choirie meminta Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) memintakan keringanan hukuman kepada Pemerintahan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News