SBY Ingin Perdamaian Terwujud di Timur Tengah

SBY Ingin Perdamaian Terwujud di Timur Tengah
SBY Ingin Perdamaian Terwujud di Timur Tengah

jpnn.com - JAKARTA - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) berharap agar perdamaian dan stabilitas di Timur Tengah segera terwujud. Jika ketidakpastian terus berlangsung, maka banyak yang dipertaruhkan dunia di wilayah yang sangat strategis itu.

Demikian dikatakan Presiden SBY saat menyampaikan sambutan pada Konferensi Kerjasama antara negara-negara Asia Timur untuk Pembangunan Palestina atau Conference on Cooperation Among East Asian Countries for Palestinian Development  (CEAPAD ) kedua, di  Kementerian Luar Negeri, Jakarta, Sabtu (1/3).

Presiden SBY menyampaikan keprihatinannya atas perkembangan di Timur Tengah yang hingga saat ini masih mencemaskan. Suriah masih dilanda konflik internal . Libya sedang berjuang untuk perdamaian dan stabilitas, dan Mesir masih menghadapi tantangan dalam transisi demokrasi .

Terkait dengan perkembangan di Timur Tengah itu, Presiden SBY menyampaikan pandangan Indonesia dalam beberapa masa ke depan.

"Pertama , kami ingin melihat Timur Tengah yang damai, di mana negara-negara di sana bisa menikmati stabilitas politik dan bekerja sama dengan negara lain secara damai satu sama lain," kata SBY seperti yang dilansir RM Online.

Kedua , Indonesia ingin melihat konsolidasi demokrasi di Timur Tengah yang memungkinkan warganya terlibat aktif dalam pembangunan negara masing-masing.

Ketiga, lanjut Presiden SBY, Indonesia ingin melihat Timur Tengah yang bebas dari senjata nuklir dan senjata pemusnah massal lainnya . Keempat, Indonesia ingin melihat Timur Tengah yang makmur , dan karena itu dapat berkontribusi pada pemulihan ekonomi global.

Menurut Presiden SBY, dunia  ingin melihat Timur Tengah yang bersatu dan memelihara satu sama lain .

JAKARTA - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) berharap agar perdamaian dan stabilitas di Timur Tengah segera terwujud. Jika ketidakpastian terus

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News