22 Negara Sepakat Bantu Pembangunan Palestina

22 Negara Sepakat Bantu Pembangunan Palestina
Menteri Luar Negeri Jepang Fumio Kishida. Getty Images

jpnn.com - JAKARTA - Perwakilan dari 22 negara termasuk Indonesia dan Jepang sepakat untuk memberikan bantuan untuk pembangunan Palestina. Kesepakatan ini tertuang dalam Konferensi Kerjasama Negara Asia Timur untuk Pembangunan Palestina (CEAPAD) di Jakarta.

Seperti yang dilansir BBC, Sabtu (1/3), kesepakatan itu dilakukan sebagai upaya untuk memberikan dukungan dalam proses perdamaian Timur Tengah. Salah satunya adalah  memperkuat sektor swasta  dalam pembangunan di Palestina.

Pernyataan ini muncul setelah Menteri Luar Negeri Amerika John Kerry mengatakan Rabu lalu (26/02) bahwa perjanjian Timur Tengah yang tengah ia upayakan kemungkinan akan melewati batas waktu pada 29 April 2014. Kerry mendorong Israel dan Palestina untuk kembali ke meja perundingan pada Juli mendatang setelah terhenti tiga tahun.

"Kami masih percaya dalam penyelesaian dua negara dapat direalisasikan. Dan di sini saya menghargai upaya John Kerry," kata Perdana Menteri Palestina Rami Hamdallah.

Menteri Luar Negeri Jepang Fumio Kishida mengumumkan bantuan tambahan untuk Palestina selain USD 1,38 miliar atau sekira Rp 16, 56 triliun yang telah diberikan Jepang sejak 1993.

"Selama pertemuan, saya mengumumkan bahwa Jepang akan memberikan tambahan bantuan Palestina sekitar USD 200 juta (Rp 2,4 triliun)," kata Kishida.

Hamdallah menyatakan terima kasih kepada para negara donor namun mengatakan masalah permukiman Israel "sangat mengganggu" pembangunan.

Konferensi ini dibuka oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono yang megatakan tujuan pertemuan adalah mengupayakan "pengakuan universal" bahwa Palestina adalah "negara merdeka dan berdaulat." (BBC/awa/jpnn)


Berita Selanjutnya:
Maraton Jelang Melahirkan

JAKARTA - Perwakilan dari 22 negara termasuk Indonesia dan Jepang sepakat untuk memberikan bantuan untuk pembangunan Palestina. Kesepakatan ini tertuang


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News