Korea Selatan Ingin Reuni Keluarga Terus Digelar

Korea Selatan Ingin Reuni Keluarga Terus Digelar
Presiden Korea Selatan, Park Geun-hye. Foto: Reuters

jpnn.com - SEOUL - Reuni keluarga keluarga dan kerabat korban Perang Korea di Resor Gunung Kumgang di perbatasan Korea Selatan (Korsel) dan Korea Utara (Korut), Kamis (21/2) memberi kesan pada Presiden Korea Selatan, Park Geun-hye. Makanya, ia menusulkan reuni keluarga itu diatur secara berkelanjutan.

Usulan ini disampaikan Park saat menyampaikan sambutan dalam peringatan Hari Kemerdekaan Korea dari kolonialisasi Jepang yang ke-95 di Seoul (1/3).

Seperti yang dilansir Voa Indonesia, Park mengatakan reuni keluarga secara teratur harus diselenggarakan karena waktunya sudah hampir habis bagi para lanjut usia yang terpisah akibat politik dan perang diawal 1950-an.

Kedua negara di Korea itu bersepakata melakukan reuni keluarga yang dimulai Kamis (21/2) dan diakhiri pada Selasa (25/2), di resor Gunung Kumgang, Korea Utara. Itu merupakan reuni pertama yang digelar selama enam hari setelah lebih dari tiga tahun.

Reuni seperti itu telah diadakan beberapa kali sejak pertama kali diselenggarakan pada 1985, namun pelaksanaannya sering terganggu tergantung kondisi hubungan antara kedua Korea. (awa/jpnn)


SEOUL - Reuni keluarga keluarga dan kerabat korban Perang Korea di Resor Gunung Kumgang di perbatasan Korea Selatan (Korsel) dan Korea Utara (Korut),


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News