SBY Kecewa ASEAN Dinilai Pecah

SBY Kecewa ASEAN Dinilai Pecah
SBY Kecewa ASEAN Dinilai Pecah
JAKARTA--Pertemuan tingkat menteri luar negeri se-ASEAN (Association South East Asian Nations) di Phnom Penh, Kamboja hingga Jumat (13/7) berakhir tanpa menghasilkan joint communike atau kesepakatan bersama. Hasil ini dinilai bisa memperburuk citra ASEAN di mata dunia karena baru pertama kalinya terjadi dalam sejarah.

Tidak adanya kesepakatan ini kata SBY, karena terjadinya ketegangan antara Filiphina dan Tiongkok mengenai Laut Cina Selatan. Sebagaimana diketahui, selama ini persoalan Laut Cina Selatan telah menimbulkan konflik perbatasan antara China dan beberapa negara ASEAN, seperti Filipina, Vietnam, Malaysia dan Brunei Darussalam.

"Ini baru pertama kalinya terjadi. Terus terang sebagai salah satu pemimpin negara ASEAN saya kecewa dan prihatin," kata SBY di kantor Presiden, Senin (16/7).

"Apa yang terjadi itu bisa menimbulkan persepsi yang keliru terhadap ASEAN. Media internasional mengatakan ASEAN sudah pecah, terus terang saya tidak setuju. ASEAN tidak pecah. Mestinya serumit apapun masalah selalu ada titik temu," tambah SBY.

JAKARTA--Pertemuan tingkat menteri luar negeri se-ASEAN (Association South East Asian Nations) di Phnom Penh, Kamboja hingga Jumat (13/7) berakhir

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News