SBY Minta Optimalkan Lembaga Bencana Milik ASEAN

SBY Minta Optimalkan Lembaga Bencana Milik ASEAN
SBY Minta Optimalkan Lembaga Bencana Milik ASEAN
JAKARTA – Presiden Susilo Bambang Yudhoyono secara khusus menyampaikan duka mendalam atas musibah tsunami yang dialami Jepang. Dalam forum ASEAN dan Jepang di Sekretariat ASEAN di Jakarta, Presiden meminta negeri matahari terbit itu tak menolak bantuan Indonesia. 

“Negara-negara di ASEAN yang mengalami bencana harus dibantu. Inilah salah satu komitmen yang harus dibangun dalam forum ASEAN kali ini,” kata SBY di Jakarta, Sabtu (9/4).

Untuk menangani bencana, ASEAN memiliki institusi khusus yaitu The ASEAN Agreement on Disaster and Emergency Response, juga ada The ASEAN Coordinating Center for Humantarian Assistant. “Kita sudah memiliki dua lembaga yang khusus menangani bencana alam di kawasan ASEAN, tinggal diefektifkan saja. Dua instansi ini bisa bergerak kapan saja ketika bencana alam terjadi di negara-negara kawasan ASEAN,” kata SBY.

Kerjasama antara negara-negara ASEAN, lanjut SBY, perlu dibangun agar tugas-tugas penanganan bencana bisa ditanggulangi dengan baik, cepat, dan tepat sasaran. Tugas lain dari asosiasi ASEAN ialah untuk menjalankan misi perdamaian di kawasan ASEAN, bahkan berperan untuk dunia.

JAKARTA – Presiden Susilo Bambang Yudhoyono secara khusus menyampaikan duka mendalam atas musibah tsunami yang dialami Jepang. Dalam forum

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News