SD Kekurangan Ribuan Guru

SD Kekurangan Ribuan Guru
SD Kekurangan Ribuan Guru
PENDOPO-Kabupaten Malang masih mengalami kekurangan tenaga pengajar mencapai 2.800 guru untuk Sekolah Dasar. Saat ini di Kabupaten Malang terdapat 1.117 Sekolah Dasar Negeri. Idealnya, satu Sekolah Dasar Negeri diisi oleh sembilan orang pengajar, terdiri dari enam guru kelas, satu Kepala Sekolah, guru agama dan guru olahraga.

Bupati Malang Rendra Kresna menegaskan bahwa fakta yang terjadi di lapangan jauh dari angka tersebut. Seharusnya jumlah guru di Sekolah Dasar Negeri mencapai 10.053 orang. Namun saat ini jumlah tenaga di Sekolah Dasar beserta penjaga sekolah mencapai 8.600 orang, untuk guru sekitar 7.253 orang.

“Satu guru agama saja saat ini bisa mengajar di tiga sekolah secara bergantian, idealnya satu SD ada enam guru kelas, satu Kasek, guru olahraga dan satu guru agama,” tegas Rendra Kresna di pendopo.

Kata Rendra, sebenarnya Pemkab Malang sudah pernah meminta tambahan kepada Pemerintah Pusat melalui rekruitmen CPNS. Pada recruitment terakhir, Pemkab meminta tambahan 450 orang, namun hanya disetujui 100 orang. Sehingga sampai saat ini terjadi kekurangan guru karena banyak juga yang pensiun.

PENDOPO-Kabupaten Malang masih mengalami kekurangan tenaga pengajar mencapai 2.800 guru untuk Sekolah Dasar. Saat ini di Kabupaten Malang terdapat

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News