Sedang Cemas? Ketakutan? Di Sini Ada Tips buat Anda

Sedang Cemas? Ketakutan? Di Sini Ada Tips buat Anda
Ilustrasi. Foto: AFP

jpnn.com - ORANG yang merasa dirinya paling pede sekalipun suatu saat akan pernah merasakan kecemasan. Mungkin dia tetap percaya diri kalau harus berpidato atau melakukan presentasi di depan umum, namun bisa jadi dia menjerit ketakutan ketika melihat ada laba-laba di pojok langit-langit kamarnya.

Merasa takut atau cemas adalah emosi yang lumrah dialami dalam hidup. Tetapi tentu tidak baik juga kalau Anda terlalu sering mengalami kecemasan yang berlebihan, sampai takut melakukan banyak hal dalam kehidupan sehari-hari.

"Tanda-tanda kecemasan cenderung jatuh ke dalam empat kategori yakni kognitif, emosi, fisik dan perilaku," kata penulis buku The Anxiety Toolkit, Alice Boyes, seperti dilansir laman Glamour, Minggu (8/11).

Anda mungkin mengalami peningkatan denyut jantung, sulit tidur dan kepekaan terhadap rasa sakit. Nah, Boyes pun bermurah hati membagi tips mengatasi kecemasan. Simak di bawah ini yaa.. (fny/jpnn)

Anda Cemas?

1. Rileks

Apakah Anda memiliki gelang keberuntungan atau kemeja yang selalu Anda pakai ketika merasa cemas? Lebih baik Anda segera menghentikan kebiasaan tersebut.

"Banyak hal yang orang lakukan untuk mengurangi kecemasan malah justru semakin membuat mereka cemas," kata Boyes. 

ORANG yang merasa dirinya paling pede sekalipun suatu saat akan pernah merasakan kecemasan. Mungkin dia tetap percaya diri kalau harus berpidato

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News