Sediakan Tempat Bagi Tuhan

Islam dan Kristen Bisa Hidup Berdampingan

Sediakan Tempat Bagi Tuhan
Paus Benediktus XVI saat memimpin misa Malam Natal di Basilika St Petrus, Vatikan, Senin (24/12) malam waktu setempat. Foto: REUTERS
VATIKAN - Pemimpin tertinggi umat Katholik se-dunia, Paus Benediktus XVI menyerukan seluruh umat manusia untuk memberi tempat bagi Tuhan di tengah pesatnya kemajuan teknologi. Saat memimpin misa Malam Natal di hadapan 10 ribu jemaat yang memenuhi Basilika St Petrus, Senin (24/12) malam waktu Roma, pemuka agama berusia 85 tahun itu  menyinggung semakin ditinggalkannya Tuhan di era modern ini.

"Apakah kita punya waktu dan tempat bagi-Nya? Apakah kita tidak benar-benar berpaling dari-Nya? Kita mulai melakukannya (berpaling,red) ketika kita tak ada waktu bagi-Nya," kata Paus dalam jubah putih dengan hiasan keemasan.

"Makin cepat kita bergerak, makin efisien waktu yang kita hemat dari perangkat (teknologi,red), makin kurang waktu yang kita miliki. Dan Tuhan? Pertanyaan tentang Tuhan tak pernah terlihat penting. Waktu kita sudah penuh," ucapnya.

Pemimpin bagi 1,2 miliar peganut Katholik Roma itu menambahkan, masyarakat telah mencapai titik di mana proses berpikir tidak lagi menyisakan ruang bagi keberadaan Tuhan. "Jika berpikir dianggap serius, ini pasti disusun sedemikian rupa bahwa "hipotesis Tuhan" menjadi berlebihan," tuturnya.

VATIKAN - Pemimpin tertinggi umat Katholik se-dunia, Paus Benediktus XVI menyerukan seluruh umat manusia untuk memberi tempat bagi Tuhan di tengah

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News