Segera Dibangun 8000 Ruang Kelas Baru

Prioritas Daerah Korban Bencana

Segera Dibangun 8000 Ruang Kelas Baru
Segera Dibangun 8000 Ruang Kelas Baru
JAKARTA--Kementerian Pendidikan Nasional (Kemdiknas) akan segera membangun 8000 ruang kelas baru (RKB). Pembangunan RKB ini bertujuan untuk menampung siswa-siswa lulusan Sekolah Menengah Pertama (SMP) yang tidak tertampung di SMA karena jumlah RKB yang terbatas. Dari 8000 RKB yang siap dibangun tersebut, masing-masing terdiri dari 4000 RKB SMA dan 4000 RKB SMK.

Dirjen Pendidikan Menengah, Ditjen Pendidikan Menengah (Dikmen) Kemdiknas, Hamid Muhammad mengatakan, jumlah siswa lulusan SMP yang harus melanjutkan ke SMA/SMK saat ini mencapai 4,2 juta siswa. Sedangkan yang bisa tertampung di SMA/SMK hanya mencapai lebih kurang 3 juta siswa. Sehingga ada sebanyak 1,2 juta yang tidak tertampung.

"Sesungguhnya, jumlah RKB yang ideal untuk menampung sekitar 1,2 juta siswa tersebut sekitar 43 ribu RKB. Namun, untuk sementara ini pemerintah akan membangun 8000 RKB dulu yang kemudian ke depannya akan ditambah secara bertahap," terang Hamid kepada wartawan di Gedung Kemdiknas, Jakarta, Selasa (23/8).

Dijelaskan, sekitar 43 ribu RKB tersebut terletak di beberapa titik yang tersebar di seluruh daerah di Indonesia. Namun paling banyak di wilayah pulau Jawa. Usulan rencana pembangunan RKB ini juga telah dimasukkan di dalam APBN-P 2011. Mantan Dirjen Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Kemdiknas ini menyebutkan, di dalam usulan anggaran APBN-P yang  Rp 11,7 triliun tersebut, alokasi anggaran Pendidikan Menengah sebesar Rp 3,3 triliun.

JAKARTA--Kementerian Pendidikan Nasional (Kemdiknas) akan segera membangun 8000 ruang kelas baru (RKB). Pembangunan RKB ini bertujuan untuk menampung

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News