Segera Rilis Sistem Operasi Smartphone Berbasis Linux

Dinamai Tizen, Diyakini Bakal Mampu Saingi Android dan iOS

Segera Rilis Sistem Operasi Smartphone Berbasis Linux
Segera Rilis Sistem Operasi Smartphone Berbasis Linux

jpnn.com - TOKYO - Sejumlah perusahaan global di bidang telekomunikasi tengah mengambangkan sistem operasi baru untuk smartphone. Sistem operasi baru itu diklaim bakal mampu menyaingi Android buatan Google atau iOS dari Apple.

Seperti dilansir AFP, Rabu (8/1) sistem operasi bernama Tizen itu dikembangkan oleh beberapa perusahaan terkemuka seperti Intel, Fujitsu, Huawei, Samsung, LG, serta operator seluler Eropa Vodafone dan Orange. Tizen merupakan sistem operasi berbasis Linux

Menurut perusahaan operator telekomunikasi di Jepang, NTT DoCoMo, sistem operasi Tizen akan diluncurkan dalam beberapa bulan mendatang. "Saya berharap sistem itu dapat diinstal pada telepon yang dijual dari akhir Maret," kata Jun Otori, juru bicara NTT DoCoMo.

Tidak seperti Android dan iOS, lanjut Otori,  Tizen memungkinkan penggunanya untuk mengembangkan secara bebas apa pun yang dibayangkan. Sebab, Tizen merupakan sistem operasi open source.

"Dengan Tizen, kami berharap untuk membangkitkan kembali layanan Jepang dengan mengembangkan dan menciptakan layanan baru yang lebih bebas," kata Otori. (nam/jpnn)


TOKYO - Sejumlah perusahaan global di bidang telekomunikasi tengah mengambangkan sistem operasi baru untuk smartphone. Sistem operasi baru itu diklaim


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News