Sejarah! Presiden Tiongkok dan Taiwan Bertemu

Sejarah! Presiden Tiongkok dan Taiwan Bertemu
Xi Jinping. Foto: AFP

jpnn.com - SINGAPURA – Presiden Tiongkok Xi Jinpin dan pemimpin Taiwan Ma Yingjeou bertemu di Singapura, Sabtu (7/11). Ini adalah pertemuan pertama pemimpin kedua negara sejak mereka dipisahkan Revolusi 1949.

Berbagai kalangan memperkirakan pertemuan ini akan menandai perbaikan hubungan kedua negara.

CNN melaporkan, urusan protokoler dalam pertemuan bersejarah ini menjadi sangat rumit. Sebab, secara resmi kedua negara tidak mengakui satu sama lain. Kalimat sapaan pun juga menjadi hal yang diperbincangkan.

Xi Jinping dan Ma Jingyeou tidak akan saling sapa dengan menggunakan kata presiden. Sebaliknya, mereka hanya akan menggunakan kata tuan atau mister.

Dalam jumpa pers hari Kamis lalu (5/11), Ma mengatakan dengan nada bercanda, dalam pertemuan nanti tagihan hotel dan makanan keduanya tetap akan dipisah.

“Tidak ada negara yang suka melihat perang dan konflik. Bila kami dapat menstabilkan hubungan lintas selat, saya percaya negara-negara lain juga senang melihatnya,” ujar Ma. (dem)


SINGAPURA – Presiden Tiongkok Xi Jinpin dan pemimpin Taiwan Ma Yingjeou bertemu di Singapura, Sabtu (7/11). Ini adalah pertemuan pertama pemimpin


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News