JPNN.com

Sejumlah Kota Siap Terapkan BRT

Selasa, 28 April 2009 – 15:25 WIB
Sejumlah Kota Siap Terapkan BRT - JPNN.com
Sejumlah Kota Siap Terapkan BRT
JAKARTA - Pihak Departemen Perhubungan (Dephub) membantah bila ada anggapan pembinaan pemerintah pusat untuk membenahi sistem transportasi kota hanya sebatas memberikan piala dan plakat Wahana Tata Nugraha (WTN). Juru bicara Dephub Bambang Ervan menjelaskan, langkah pembinaan konkrit dari Dephub ke pemda-pemda antara lain dengan memberikan bantuan bis sebagai stimulan penerapan sistem bus rapid transit (BRT).

"Kita tawarkan ke pemko-pemko, siap nggak menerapkan sistem BRT itu. Dengan sistem BRT itu, pemko harus menyiapkan halte-halte khusus untuk naik-turunnya penumpang, dengan jalur, rute, atau trayek tertentu. Kalau siap, kita bantu bisnya," ujar Bambang Ervan kepada JPNN di Jakarta, Selasa (28/4).

Jika pihak pemda siap, kata Bambang pula, Dephub akan memberikan bimbingan untuk menjalankan sistem dan manajemen pengoperasian bis itu. Adapun sejauh ini, sejumlah kota yang sudah menerapkan sistem BRT antara lain adalah Bogor, Yogyakarta, serta Balikpapan. Sedangkan yang akan menyusul dalam waktu dekat antara lain Bandung, Solo, Semarang, Pekanbaru dan Manado.

Seperti diketahui, sejumlah kota di tanah air menerima penghargaan sebagai kawasan tertib lalu lintas dan memiliki tata transportasi yang baik. Berdasar Keputusan Menteri Perhubungan No. KM.34 tahun 2009 tanggal 2 April 2009, ditetapkan sejumlah kota penerima piala WTN dan kota penerima plakat tertib lalu lintas dan angkutan kota 2008.

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...
ito