Sejumlah RSBI Bakal Turun Status

Sejumlah RSBI Bakal Turun Status
Sejumlah RSBI Bakal Turun Status
JAKARTA--Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) akan mengevaluasi sekolah berstatus Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional (RSBI). Plt Dirjen Pendidikan Dasar Kemdikbud, Suyanto menjelaskan, jika dalam tujuh tahun tidak ada progres perbaikan kualitas dan mutu, maka RSBI akan diturunkan statusnya menjadi Sekolah Standar Nasional (SSN).

"Tujuh tahun tersebut terhitung sejak sekolah yang bersangkutan ditetapkan menjadi RSBI. Misalnya, sekolah itu sudah ditetapkan sebagai RSBI sejak tahun 2006, dan selama 7 tahun belum juga bisa memenuhi syarat Sekolah Bertaraf Internasional (SBI) maka di tahun ketujuh atau di tahun 2013 bisa turun status menjadi SSN," jelas Suyanto di Jakarta, Senin (20/2).

Disebutkan, saat ini ada sebanyak 1300-an unit sekolah RSBI yang ada di seluruh Indonesia. Suyanto juga mengatakan, pihaknya juga sudah mengantongi beberapa nama RSBI yang akan mengalami penurunan status, mengingat tidak memenuhi standar menuju SBI. "Maka dari itu, adanya ketetapan ini supaya RSBI  belajar lebih baik lagi menuju SBI. Saat ini paling tidak (RSBI) harus siap-siap mental," imbuhnya.

Mantan Rektor UNY ini menerangkan, hingga saat ini sekolah berstatus SBI memang belum ada, karena syaratnya sangat ketat. Dikatakan, SBI itu kualitasnya harus sangat bagus. Oleh karena itu, ia tidak menampik jika ada sekolah RSBI yang akan diturunkan statusnya. "Jelas ada yang bakal diturunkan jadi SSN. Penurunan itu kan tidak sembarangan juga, harus dievaluasi," ujar Suyanto.

JAKARTA--Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) akan mengevaluasi sekolah berstatus Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional (RSBI). Plt

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News