Sekarang Malam Nisfu Syakban, Jangan Lupa Lakukan Amalan Ini

Sekarang Malam Nisfu Syakban, Jangan Lupa Lakukan Amalan Ini
Berdoa. Ilustrasi Foto: dok.JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Malam nisfu syakban jatuh pada Rabu (8/4), malam ini, yang disebut juga sebagai malam pengampuan dosa sehingga banyak umat muslim yang meluangkan waktu untuk beribadah di malam mulia ini.

Banyak sekali amalan yang bisa dilakukan pada malam nisfu sya’ban. Apalagi saat ini kita tidak bisa berkumpul dengan kerabat atau keluarga karena wabah Corona.

Sayyid Muhammad Alawi al-Maliki dalam kitabnya Ma Dza fis Syakban menjelaskan bahwa amalan apapun yang baik dan ditujukan semata ikhlas karena Allah SWT pada malam Nisfu Syakban akan tetap mendapat ganjaran pahala.

Salah satu amalan ialah membaca Yasin tiga kali, yang diiringi dengan berbagai macam permintaan, sebagaimana yang sering kita lakukan pada malam Nisfu Sya’ban di masjid dan mengerjakannya bersama-sama.

Adapun tata caranya dengan membaca surat Yasin seperti biasa sebanyak tiga kali. Disarankan, setiap saat membaca awal-awal surat, diniatkan untuk permohonan tertentu, terutama agar cepat terlepas dari wabah corona saat ini.

Selain membaca surah Yasin, amalan lain yang bisa dikerjakan seperti berdzikir, membaca istighfar, memperbanyak bacaan shalawat, dan salat Tasbih atau Taubat.

Pada bulan Syakban pula dosa diampuni, kesulitan dimudahkan, dan kesedihan dihilangkan. (mg8/jpnn)

 

Banyak sekali amalan yang bisa dilakukan pada malam nisfu syakban. Apalagi saat ini kita tidak bisa berkumpul dengan kerabat atau keluarga karena wabah Corona.


Redaktur & Reporter : Rasyid Ridha

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News