Sekilas Rangkaian Penyambutan ala Upacara Militer SBY pada Jokowi

Sekilas Rangkaian Penyambutan ala Upacara Militer SBY pada Jokowi
Sekilas Rangkaian Penyambutan ala Upacara Militer SBY pada Jokowi

jpnn.com - JAKARTA -- Menkopolhukam Djoko Suyanto mengatakan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono akan menyambut presiden terpilih Joko Widodo pada 20 Oktober mendatang dengan upacara upacara militer. Menurutnya, rencana penyambutan itu sudah dipersiapkan dengan matang. Tinggal melakukan gladi resik bersama pihak Jokowi. Sebelum itu, Djoko berkenan menjelaskan sedikit rangkaian acara penyambutan itu.

Menurut Djoko, Jokowi akan datang dari MPR RI menuju Istana Negara bersama 40 orang dekat dan koleganya. "Beliau akan datang dengan sekitar 40 orang yang menyertai beliau, karena dari Presiden (SBY) juga ada 40 orang menteri dan kepala lembaga negara. Kemudian ada upacara seperti kemiliteran," papar Djoko di kompleks Istana Negara, Jakarta, Rabu malam, (15/10).

Saat tiba, Jokowi masuk melalui pintu gerbang depan. Di pintu barat depan Istana Merdeka, ia akan mendapat penghormatan dan disambut oleh SBY. Keduanya akan berdiri bersama di sebuah panggung yang telah disiapkan.

Jokowi, kata dia, akan menerima penghormatan dari empat angkatan gabungan dari TNI Polri karena mantan Gubernur DKI Jakarta itu telah menjadi Panglima Tertinggi setelah dilantik MPR.

"Pak Presiden (Jokowi) di kanan, SBY sebelah kiri. Terus upacara militer untuk presiden baru. Jadi penghormatan kepada presiden baru, kemudian beliau turun diiringi Pak SBY memeriksa pasukan kembali lagi ke atas, menerima penghormatan lagi," sambung Djoko.

Menurut Djoko penyambutan Jokowi hampir mirip penerimaan duta besar luar negeri ke Istana. Namun, dibedakan dengan sejumlah penghormatan karena yang disambut adalah seorang Kepala Negara baru.

Setelah itu, lanjutnya, SBY akan mengajak Presiden Jokowi untuk berkeliling Istana dan dikenalkan dengan staf Rumah Tangga Istana. Usai perkenalan, SBY dan keluarga lalu meninggalkan Istana Negara. Rangkaian acara itu, kata Djoko, sudah disepakati pihak Jokowi.

"Sudah selesai perkenalan paling 5-10 menit terus keluar. Keluar diiringi berempat dengan Ibu (Iriana) ke gerbang timur kan keluar. Di situ nanti sudah berjajar untuk menghormati, Pak SBY keluar menuju kendaraannya dan Pak SBY kembali ke kediamannya," tandas Djoko. (flo/jpnn)

JAKARTA -- Menkopolhukam Djoko Suyanto mengatakan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono akan menyambut presiden terpilih Joko Widodo pada 20 Oktober

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News