Sekjen Anwar Sanusi Beber Upaya Kemnaker Atasi Kesenjangan Teknologi Digital di Pedesaan

Sekjen Anwar Sanusi Beber Upaya Kemnaker Atasi Kesenjangan Teknologi Digital di Pedesaan
Sekjen Kemnaker Anwar Sanusi saat menjadi pembicara pada webinar yang bertajuk 'Kebijakan Pengembangan Ketenagakerjaan di Pedesaan Memasuki Ekonomi Digital dalam Upaya Menyejahterkan Masyarakat'. Minggu (17/7). Foto: Dokumentasi Kemnaker

jpnn.com, JAKARTA - Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) terus berupaya mengatasi kesenjangan antara pedesaan dengan perkotaan dalam hal teknologi digital yang menjadi tantangan cukup serius.

Hal itu disampaikan Sekretaris Jenderal Kemnaker Anwar Sanusi saat menjadi pembicara pada webinar yang bertajuk “Kebijakan Pengembangan Ketenagakerjaan di Pedesaan Memasuki Ekonomi Digital dalam Upaya Menyejahterkan Masyarakat,” Minggu (17/7).

"Untuk mengatasi kesenjangan tersebut, Kemnaker telah mengeluarkan berbagai kebijakan pengembangan ketenagakerjaan dalam meningkatkan angkatan kerja di perdesaan,” kata Sekjen Anwar Sanusi.

Dia mengatakan perkembangan teknologi digital merupakan suatu keharusan yang mempengaruhi seluruh aspek, baik dari sisi negara, pasar serta masyarakat.

Teknologi digital bukan semata-mata alat, melainkan sosio material object yang memiliki relasi yang kompleks terkait perkembangan struktur ekonomi, sosial, politik budaya tertentu dalam suatu negara.

“Ini mendorong adanya perubahan struktur relasi yaitu relasi pasar dengan wilayah, kemudian relasi antara wilayah dengan masyarakat dan relasi antara masyarakat dengan pasar,” ujarnya.

Sekjen Anwar menilai pemahaman tentang teknologi digital, jika dilihat dari angkatan muda sudah sangat bagus.

Menurutnya, sekarang ini daya saing teknologi digital tiap daerah, seperti di Jawa cukup tinggi.

Kemnaker terus berupaya mengatasi kesenjangan teknologi digital di pedesaan dengan mengeluarkan berbagai kebijakan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News