Sekjen Kemendagri Ingatkan Ancaman Hoaks Canggih Deepfake Jelang Pemilu 2024

Sekjen Kemendagri Ingatkan Ancaman Hoaks Canggih Deepfake Jelang Pemilu 2024
Sekretaris Jenderal Kementerian Dalam Negeri Suhajar Diantoro mengingatkan ancaman hoaks menjelang Pemilu 2024. Foto: Dokumentasi Puspen Kemendagri

jpnn.com, JAKARTA - Sekretaris Jenderal Kementerian Dalam Negeri (Sekjen Kemendagri) Suhajar Diantoro mengingatkan ancaman hoaks menjelang Pemilu 2024.

Hal ini disampaikannya saat memberikan paparan terkait strategi pengelolaan informasi pada Badan Koordinasi Hubungan Masyarakat (Bakohumas).

Dia menyampaikan hoaks saat ini tidak hanya berbentuk teks atau tulisan saja, tetapi semakin canggih, yakni berbentuk video yang menggunakan kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI).

Melalui teknologi deepfake, memungkinkan seseorang bisa menyerupai orang lain atau tokoh, baik dari wajah hingga suara sehingga jika yang disampaikan berita bohong dikhawatirkan ada yang percaya, padahal itu adalah animasi yang seolah nyata.

"Saya ingin menyampaikan tugas berat rekan-rekan, menangkal hoaks, berita bohong. Berita bohong selama ini kadang-kadang kan mungkin izin lewat tulisan, tetapi hari ini ada berita bohong yang menakutkan ini, ancaman penggunaan teknologi deepfake ini pemalsuan video yang mutakhir," ungkap Suhajar dalam Pengukuhan Pengurus Bakohumas periode 2023-2028 dan Rapat Koordinasi Program Bakohumas 2024 secara hybrid dari The Westin Jakarta, Senin (23/10).

Sekjen Suhajar mengharapkan humas harus mampu menangkal ini dengan bantuan dari kepolisian dan stakeholder terkait.

Sebab, jika terlambat dan konten terlanjur tersebar bakal menimbulkan hal yang berbahaya.

Sebagai antisipasinya, dia menaruh harapan besar kepada Bakohumas untuk menjadi lembaga terpercaya dalam menyampaikan publikasi kepada rakyat tentang pemerintahan.

Sekjen Kemendagri meminta humas harus mampu menangkal hoaks, termasuk yang menggunakan teknologi canggih deepfake jelang Pemilu 2024

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News