Sekjen Kemendikbudristek: Kiprah Lembaga Kursus Tidak Bisa Dipandang Sebelah Mata

Sekjen Kemendikbudristek: Kiprah Lembaga Kursus Tidak Bisa Dipandang Sebelah Mata
Sekjen Kemendikbudristek Suharti mengatakan lembaga kursus dan pelatihan (LKP) memiliki kiprah yang tidak bisa dipandang sebelah mata. Foto Humas Kemendikbudristek

jpnn.com, JAKARTA - Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) memberikan apresiasi kepada pendidikan vokasi nonformal berprestasi.

Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kemendikbudristek Suharti mengatakan lembaga kursus dan pelatihan (LKP) memiliki kiprah yang tidak bisa dipandang sebelah mata.

LKP, lanjut Suharti, berperan dalam membantu tidak hanya penduduk yang tidak mengenyam pendidikan formal untuk memiliki kompetensi, tetapi juga menyediakan layanan bagi mereka yang sedang mengikuti pendidikan serta membutuhkan kompetensi tambahan. 

Suharti menyampaikan melalui kursus dan keterampilan, para pesertanya kini juga difasilitasi dan didorong untuk dapat melanjutkan pendidikan hingga tingkat sarjana dengan sertifikat RPL (rekognisi pembelajaran lampau).  

“Malam ini adalah bagian dari upaya Kemendikbudristek untuk mengapresiasi seluruh pihak yang berkontribusi dalam membangun ekosistem kursus dan pelatihan,” ucap Suharti dalam sambutannya pada Malam Penghargaan Pendidikan Vokasi Nonformal Berprestasi 2023 yang diselenggarakan di Plaza Insan Berprestasi, Gedung A, Kemendikbudristek, Jumat (22/12) malam.

Pada kesempatan sama, Direktur Jenderal (Dirjen) Pendidikan Vokasi Kiki Yuliati menilai bahwa keberhasilan penyelenggaraan kursus dan pelatihan selama ini tidak lepas dari partisipasi berbagai pihak, termasuk pemerintah daerah dan mitra industri.

Pemerintah ingin memberikan kesempatan untuk semua warga negara meraih kehidupan yang lebih baik. 

"Terima kasih kepada para mitra yang telah membantu pelaksanaan program kursus dan pelatihan,” kata Dirjen Kiki. 

Sekjen Kemendikbudristek Suharti menegaskan kiprah lembaga kursus dan pelatihan tidak bisa dipandang sebelah mata dalam mendukung pendidikan vokasi.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News