Sekjen MPR: 4 Pilar Sudah Final

Sekjen MPR: 4 Pilar Sudah Final
Sekretaris Jenderal MPR Ma'ruf Cahyono ziarah ke makam Raja Sisingamangaraja XII di Balige, Toba Samosir, Sumatra Utara, Senin (19/9/2019). Aristo Setiawan/JPNN

jpnn.com, SAMOSIR - Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) menggelar Sosialisasi Empat Pilar di Pendopo Toba Samosir, Kecamatan Balige, Toba Samosir, Sumatra Utara, Senin (19/9).

Sekretaris Jenderal MPR Ma'ruf Cahyono menjadi pembicara dalam sosialisasi yang dihadiri ratusan peserta dari aparatur negara sipil (ASN) dan warga Toba Samosir itu.

"Empat pilar itu sudah final. Forum ini ialah untuk menyegarkan saja. Seluruhnya sudah diimplementasikan," kata Ma'ruf.

Dia menambahkan, acara sosialisasi merupakan bentuk penyegaran kembali terhadap empat pilar.

Sebab, generasi bakal silih berganti. Anak-anak muda bakal tumbuh dewasa.

“Karena itu, penanaman nilai itu harus terus kita lakukan. Internalisasi nilai Pancasila tentu never ending proses," ungkap dia.

Bupati Toba Samosir Darwin Siagian mengamini ucapan Ma'ruf. Menurut dia, Pancasila, UUD 1945, NKRI, dan Bhinneka Tunggal Ika berlaku final bagi negara.

"Sebenarnya sudah tidak ada persoalan lagi di daerah kami. Ini kesepakatan orang tua dahulu. Memang ini yang kami pegang sampai sekarang," ucap dia.

Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) menggelar Sosialisasi Empat Pilar di Pendopo Toba Samosir, Kecamatan Balige, Toba Samosir, Sumatra Utara, Senin (19/9).

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News