Sekjen Pusat ASEAN-Tiongkok Bertemu Perwakilan Indonesia, Ini yang Dibahas

Sekjen Pusat ASEAN-Tiongkok Bertemu Perwakilan Indonesia, Ini yang Dibahas
Sekjen Pusat ASEAN-Tiongkok Bertemu Perwakilan Indonesia, Ini yang Dibahas. Foto: dok. ASEAN

jpnn.com, JAKARTA - Sekretaris Jenderal (Sekjen) Pusat ASEAN - Tiongkok, Shi Zhongjun mengatakan bahwa pihaknya terus berkomitmen untuk mempertahankan multilateralisme dan regionalisme terbuka.

Mereka juga bersedia mendukung Indonesia secara aktif dalam melaksanakan tanggung jawab sebagai ketua bergilir dan berupaya membangun pusat pertumbuhan ASEAN.

Pusat ASEAN - Tiongkok juga berharap dapat bekerja sama dengan negara-negara anggota, termasuk Indonesia, untuk mengimplementasikan konsensus penting yang dicapai.

"Membantu kawasan ASEAN pulih dari epidemi, meningkatkan pertukaran budaya, saling belajar, dan menambah vitalitas baru bagi pengembangan kemitraan komprehensif," kata Shi Zhongzun, dalam keterangannya, Sabtu (4/3).

Direktorat Jenderal Kerja Sama ASEAN Sidharto R. Suryodipuro mengatakan bahwa Indonesia, sebagai ketua bergilir tahun ini sangat mementingkan peningkatan kerja sama praktis dengan Tiongkok.

Menurut dia, Kementerian Luar Negeri Indonesia akan terus mendukung kerja Pusat ASEAN-Tiongkok.

Dia juga berharap dapat memanfaatkan platform milik pusat untuk mempromosikan lebih banyak kerja sama antara ASEAN dan Tiongkok di berbagai bidang.

"Mulai kerja sama ketahanan pangan, kesehatan masyarakat, energi bersih, transformasi digital, keuangan stabilitas, dan pertukaran pemuda," kata Sidiharto.

Sekjen Pusat ASEAN-Tiongkok Shi Zhongjun Bertemu dengan perwakilan Indonesia, membahas berbagai hal.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News