Sektor Digital Jadi Kunci Industri 4.0

Sektor Digital Jadi Kunci Industri 4.0
Kemenperin Airlangga Hartarto. (Foto: Ist/Jpnn)

jpnn.com, DENPASAR - Menteri Perindustrian (Menperin) Airlangga Hartarto mengatakan, masuknya Industri 4.0 mendorong pemerintah melakukan empowering human talents.

Dia menambahkan, generasi milenial memiliki peranan penting dalam menerapkan Industri 4.0.

’’Berkaca dari pengalaman negara lain, pertumbuhan ekonomi tinggi saat terjadi bonus demografi,’’ kata Airlangga dalam Creative Industries Movement di Balai Creative Industry Center (BCIC), Denpasar, Sabtu (1/12).

Kemenperin membangun gedung inkubasi bagi para pelaku usaha rintisan (startup) di beberapa wilayah di Indonesia sebagai inspirasi dan aspirasi menumbuhkan wirausaha baru.

Selain itu, dilakukan pelatihan bagi calon pemimpin perusahaan yang menggunakan basis Industri 4.0 seperti analisis big data dan internet of things (IoT).

Di hadapan 600 peserta yang terdiri atas mahasiswa, pelajar, dan pelaku usaha, Airlangga menekankan pemanfaatan teknologi digital dalam meningkatkan produktivitas kerja.

Potensi ekonomi digital akan meningkatkan nilai tambah terhadap PDB sebanyak USD 150 miliar pada 2025.

’’Pemerintah menargetkan terciptanya 1.000 technopreneur pada 2020 dengan valuasi bisnis USD 100 miliar dan total nilai e-commerce USD 130 miliar,’’ terang Airlangga.

Menteri Perindustrian (Menperin) Airlangga Hartarto mengatakan, masuknya Industri 4.0 mendorong pemerintah melakukan empowering human talents.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News