Sektor ICT Tumbuh Pesat

Sektor ICT Tumbuh Pesat
Sektor ICT Tumbuh Pesat
JAKARTA - Pertumbuhan sektor ICT terus meningkat. Saat ini penetrasi simcard telah mencapai 100 persen. Kendati demikian Asosiasi Telekomunikasi Selular Indonesia (ATSI) terus mendorong komunitas masyarakat berbasis broadband pada 2015 nanti. Ketua ATSI Sarwoto Atmosutarno mengatakan pasca penetrasi simcard mencapai seratus persen tersebut perlu dilakukan penghitungan kembali terhadap penggunaan broadband.

"Sampai kini, kerjasama dengan pemerintah terus dilakukan dengan kinerja kuartal pertama 2011 penetrasi simcard sudah melebihi jumlah penduduk atau mencapai seratus persen. Nah pada 2015 nanti masyarakat indonesia harus berbasis broadband dan itu target realistik dalam pengembangan ICT. Nanti kebutuhan broadband maupun bandwidth per kapita harus dihitung lagi," kata dia saat pembukaan International Communication Expo dan Conference di JCC kemarin (8/6).

Sementara Menteri Komunikasi dan Informatika Tifatul Sembiring mengatakan setiap kenaikan penggunaan broadband sebesar 10 persen dapat mendorong GDP 1,38 persen. Untuk itu, pihaknya akan memaksimalkan layanan broadband, sehingga tidak terjadi keterlambatan. Menurut dia, salah satu yang mendorong pertumbuhan broadband adalah teknologi Long Term Evolution (LTE) atau 4G.

"LTE mampu mencapai kecepatan sampai 173 Mbps. Lewat LTE, coverage untuk akses nirkabel akan menjadi lebih luas sehingga teknologi data akan menjadi unggulan. Sementara layanan suara atau voice akan menjadi fitur dari teknologi tersebut. Ke depan, bisa diakselerasi menjadi sekolah jarak jauh lewat teleconference, video call dan akses kian murah," katanya.

JAKARTA - Pertumbuhan sektor ICT terus meningkat. Saat ini penetrasi simcard telah mencapai 100 persen. Kendati demikian Asosiasi Telekomunikasi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News