Selain Berantas Terorisme, Ini Kerjasama yang Dibahas Jokowi dan Presiden Iran

Selain Berantas Terorisme, Ini Kerjasama yang Dibahas Jokowi dan Presiden Iran
Presiden Joko Widodo saat bertemu dengan Presiden Iran Hassan Rouhani. FOTO: Natalia/jpnn.com

jpnn.com - JAKARTA - Presiden Joko Widodo menggelar pertemuan dengan Presiden Iran Hassan Rouhani di Kakatua Room, JCC, Jakarta, Kamis (23/4). Dalam kesempatan itu, Jokowi mengajak Iran bersama-sama memberantas tindak pidana terorisme yang semakin marak di kawasan Timur Tengah dan sekitarnya. 

"Di bidang terorisme, kekerasan yang selalu mengatasnamakan agama oleh terorisme harus dihapuskan. Ini diberantas dengan kerjasama erat dua negara," ujar Seskab Andi Widjajanto melalui keterangan pers pada wartawan.

‎Selain masalah terorisme, delegasi Iran dan Indonesia juga membahas masalah perdagangan. Dua kepala negara berharap ada peningkatan volume perdagangan. Selain itu, kata Andi, pihak swasta Iran di bidang infrastruktur dan energi juga siap untuk masuk ke Indonesia.

‎Sementara itu di bidang kebudayaan, Indonesia dan Iran menginginkan penguatan reputasi sebagai negara Islam moderat.

"Mayoritas penduduk memeluk Islam moderat, harus memperkuat kerjasama terutama di bidang kebudayaan," imbuh Andi.

Sementara itu Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Armanatha Nasir mengungkapkan pemerintah Indonesia dan Iran sepakat untuk aktifkan kembali join comission yang selama ini telah ada untuk meningkatkan hubungan bilateral.

Terkait bidang perdagangan, Indonesia membahas hambatan yang dialami Iran. Selama ini sektor perdagangan di Iran terhambat embargo perbankan dari Amerika Serikat.

"Mereka membahas bagaimana dapat atasi hal itu. Selain itu bahas upaya untuk mengatasi bahaya radikalisme. Dalam hal ini, tadi disepakati upaya kerja sama untuk berantas radikalisme," tandas Armanatha. (flo/jpnn)

JAKARTA - Presiden Joko Widodo menggelar pertemuan dengan Presiden Iran Hassan Rouhani di Kakatua Room, JCC, Jakarta, Kamis (23/4). Dalam kesempatan


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News