Selama 20 Menit, Pidato Pertama di Depan Publik

Selama 20 Menit, Pidato Pertama di Depan Publik
Selama 20 Menit, Pidato Pertama di Depan Publik
PYONGYANG - Pemimpin baru Korea Utara (Korut) Kim Jong-un, 29, tampil dan berpidato untuk pertama kali di hadapan publik Minggu (15/4). Dalam kesempatan itu, kepala negara termuda di jagat raya tersebut menegaskan tekadnya untuk memberikan prioritas utama pada militer negaranya dalam setiap kebijakannya ke depan.

 

Pernyataan putra bungsu (putra ketiga) mantan penguasa Korut, mendiang Kim Jong-il, itu memberikan sinyal soal kemungkinan peluncuran rudal baru jarak jauh Korut dalam waktu dekat. Hal ini terjadi menyusul kegagalan uji coba roket yang membawa satelit milik Korut menuju orbit pada Jumat lalu (13/4).

Pidato Jong-un itu mewarnai puncak dua pekan perayaan seabad kelahiran pendiri Korut sekaligus kakeknya, Kim Il-sung. Pidato tersebut disampaikan di depan ribuan rakyat Korut yang berkumpul di Lapangan Kim Il-sung, pusat Kota Pyongyang, dan secara mengejutkan disiarkan melalui televisi secara nasional.

Terlihat tenang saat membacakan naskah pidato selama 20 menit, Jong-un mengangkat berbagai topik. Mulai dari kebijakan luar negeri sampai masalah ekonomi. Pidatonya tersebut, yang dilanjutkan dengan parade militer, menutup rangkaian acara peringatan seabad kelahiran Kim Il-sung. Momen tersebut menjadi penampilan terbaik yang dapat diperlihatkan Jong-un kepada dunia internasional.

PYONGYANG - Pemimpin baru Korea Utara (Korut) Kim Jong-un, 29, tampil dan berpidato untuk pertama kali di hadapan publik Minggu (15/4). Dalam kesempatan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News